Home » Kehamilan » Melahirkan » Alat Yang Ditemukan Diruang Melahirkan

Alat Yang Ditemukan Diruang Melahirkan

Jika bunda tidak pernah di rawat di rumah sakit, mungkin akan merasa sedikit takut melihat berbagai macam alat medis disekeliling bunda. Tetapi jika bunda mengerti apa saja alat tersebut dan apa gunanya alat tersebut saat berlangsungnya proses persalinan, maka bunda akan merasa lebih nyaman. Di bawah ini akan dijelaskan beberapa alat yang di temukan di ruang melahirkan dan apa kegunaannya.

Tempat tidur melahirkan

alat-yang-ditemukan-di-ruang-melahirkan-bundanetTempat tidur melahirkan biasanya berukuran untuk satu orang dan lebih tinggi dari tempat tidur biasa. Tempat tidur ini dirancang untuk praktis digunakan. Tempat tidur ini bisa ditinggikan atau direndahkan, dan bagian bawah dari tempat tidur dapat di buka untuk mempermudah dokter membantu  proses melahirkan. Tempat tidur ini mempunyai gagang untuk berpegangan saat bunda mengedan dan mempunyai pijakan kaki yang bisa di buka pasang. Kadang-kadang pijakan kaki membantu selama proses melahirkan atau dibutuhkan saat bunda membutuhkan jahitan pada jalan lahir setelah melahirkan.

Kardiotokografi (KTG)

alat-dalam-kamar-bersalin-bundanetAlat ini akan mengukur dan mencetak kontraksi rahim dan detak jantung janin. Dua sabuk elastis akan dipasang sekeliling perut bunda. Yang pertama akan di pasang di bagian atas rahim dan akan mengukur dan mencetak kekuatan dan frekuensi dari kontraksi rahim. Sabuk lainnya, dipasang sesuai dengan posisi dari janin. Karena digunakan untuk mengukur detak jantung janin maka dicari lokasi dimana detak jantung janin yang terdengar paling kuat dan jelas. Pada kedua sabuk tersebut terpasang alat yang terhubung dengan monitor yang memperlihatkan dan mencetak pada waktu yang bersamaan (real time), sehingga interaksi antara kontraksi, gerakan janin dan detak jantung janin dapat dinilai. Kardiotokografi digunakan untuk memonitor reaksi bayi terhadap kontraksi rahim melalui aktifitas detak jantung bayi. Jantung bayi dapat memberikan respon terhadap kontraksi berupa peningkatan atau penurunan detak jantung, penurunan detak jantung bayi segera setelah kontraksi selesai dapat menunjukkan bahwa bayi tidak cukup mendapatkan oksigen.

Alat Pengukur Detak Jantung Bayi (Fetal Doppler)

alat-dalam-kamar-bersalin-bundanetAlat ini digunakan untuk mengukur detak jantung janin. Tidak seperti kardiotokografi, alat ini tidak bisa mengukur kontraksi rahim. Diluar penggunaan kardiotokografi, maka untuk mengukur detak jantung janin di gunakan alat ini.

Monitor Tekanan Darahalat-yang-ditemukan-di-ruang-melahirkan-bundanet

Alat ini digunakan untuk mengukur tekanan darah selama persalinan dan melahirkan. Manset di pasang di sekeliling lengan atas sedikit di atas siku dan disambungkan ke alat pengukur tekanan darah.

Meja Penghangat Bayi (Infant Warmer)

alat-yang-ditemukan-di-ruang-melahirkan-bundanetSetelah lahir, bayi dikeringkan dan diperiksa di meja penghangat bayi hingga pernapasan dan suhu bayi stabil. Segera setelah kondisi bayi stabil bisa langsung di lakukan inisiasi menyusui dini (IMD).

Updated: 06/06/2016

Similar posts