Home » Menyusui » Anatomi Payudara

Anatomi Payudara

Setiap manusia baik perempuan maupun laki-laki memiliki payudara, akan tetapi berbeda fungsi dan pengaruh hormonalnya. Anatomi payudara yang matang merupakan tanda pertumbuhan seks sekunder untuk seorang gadis saat memasuki pubertas.

anatomi-payudara-bundanetPertumbuhan sel-sel payudara akan semakin aktif sejak wanita hamil karena pengaruh kuat hormon estrogen dan progesteron, kemudian saat kehamilan sel-sel penghasil ASI ini mulai matang sampai akhirnya benar-benar siap untuk keperluan menyusui setelah bayi lahir.

Begitu masa penyapihan bayi dan ibu sudah jarang bahkan tidak pernah menyusui lagi, sel-sel penghasil ASI di payudara akan mengalami periode kematian sel dimana rangsangan hormon prolaktin sudah berhenti, sehingga ukuran payudara kembali ke semula sebelum hamil.

PAYUDARA TAMPAK LUAR

Bentuk dan ukuran payudara akan bervariasi menurut aktifitas fungsionilnya. Kedua payudara tidak selalu mempunyai ukuran dan bentuk yang sama. Bentuk payudara mulai terbentuk lengkap satu atau dua tahun setelah menstruasi pertamakali. Hamil dan menyusui akan menyebabkan payudara bertambah besar. Apa saja bagian-bagian payudara jika tampak dari luar?

Korpus Mamae
Badan payudara seutuhnya, di dalamnya berisi jaringan ikat, kelenjar lemak, saraf, pembuluh darah, kelenjar getah bening, kelenjar payudara yang berisi sel-sel penghasil ASI, saluran ASI. Aktivitas sel-sel dan kelenjar ini dipengaruhi hormon.

Areola
anatomi-payudara-bundanetDaerah kecokelatan di sekitar putting susu, warna tersebut disebabkan oleh penipisan dan penimbunan pigmen pada kulit. Perubahan warna areola tergantung dari warna kulit dan adanya kehamilan. Selama kehamilan, warna areola akan menjadi lebih gelap dan menetap.

• Puting Susu
Letaknya bervariasi sesuai ukuran payudara, terdapat lubang-lubang kecil di puting yang merupakan muara dari duktus laktiferus (tempat penampungan ASI). Pada puting juga didapatkan ujung-ujung saraf, pembuluh darah.

• Kelenjar Montgomery
Kelenjar yang memproduksi minyak yang berfungsi melunakkan daerah areola atau kalang payudara.

Pabrik ASI yaitu di alveoli, begitu mendapat rangsangan dari hisapan bayi dan kemudian rangsangan tersebut dikirim ke otak, hormon prolaktin diproduksi dan beredar dalam darah masuk ke payudara dan merangsang alveoli untuk memproduksi ASI. ASI yang diproduksi akan dialirkan sepanjang saluran ASI dan anatomi-payudara-bundanetditampung di areola sebagai kalang susu, siap dihisap bayi dan ASI keluar melalui muaranya yaitu puting.

  1. Dinding pabrik ASI (alveoli) terdiri atas sel-sel pembuat ASI.
  2. Pabrik ASI dikelilingi otot-otot (Sel Myoepithelial).
  3. Jika dirangsang oleh hormon oksitosin, otot yang melingkari pabrik ASI ini akan mengerut (berkontraksi) dan menyemprotkan ASI dari pabrik ASI ke saluran ASI.
Similar posts