Home » Menyusui » Bingung Puting

Bingung Puting

bingung-puting-bundanetSeorang bayi dikatakan mengalami bingung puting ketika ia mengalami kesulitan untuk melekat di payudara dan menghisap ASI karena sebelumnya ia telah terbiasa menggunakan dot untuk mendapatkan susu. Bagi seorang bayi, menghisap dot akan dirasa berbeda dengan menghisap payudara. Hal ini dikarenakan menyusui di payudara membutuhkan koordinasi sekitar 40 otot wajah, lidah, langit – langit, dan gusi, sedangkan menyusu dari botol dot lebih bersifat pasif, tergantung pada tingkat kemiringan botol, besarnya lubang dan ketebalan karet dot.

MEKANISME MENYUSUI

Ketika payudara ditempelkan ke bibir bawah bayi, bayi akan membuka mulutnya dengan lebar dan menjulurkan lidah sampai puting masuk jauh kedalam mulut. Dengan gerakan yang ritmik, lidah bergerak keatas ke arah langit – langit, mengakibatkan puting dan areola membentuk dot yang panjang. Pipi mengisi mulut dengan adanya hisapan bayi dan menghasilkan tekanan negatif. Lidah bergerak bergelombang sepanjang dot sambil menekan saluran di areola dan memerah ASI menuju puting. ASI mengalir keluar dari puting dan ditelan bayi.

Bayi yang diberikan ASI dengan dot untuk menyusu dapat menjadi bingung karena proses memerahnya berbeda. Bayi tidak perlu membuka  mulutnya dengan lebar, dan tidak perlu memasukannya puting dot jauh kedalam mulut. Puting karet yang relatif kurang lentur dapat mengakibatkan lidah tidak bergerak dengan ritmik. Ditambah, aliran dari botol yang sangat deras karena gravitasi bahkan tanpa hisapan, mengakibatkan bayi berusaha meletakkan lidah pada lubang dot untuk memperlambat aliran susu. Hal ini dilakukan juga saat bayi menyusu pada payudara Ibu, kadang bayi mendorong payudara (puting) keluar dari mulut.

mekanisme-menyusu-bundanet

GEJALA

Gejala bayi yang mengalami bingung puting:

  • Bayi menolak menyusu pada Ibu dengan cara mendorong dorong payudara Ibu dan memalingkan wajahnya
  • Bila menyusu mulutnya mencucu seperti minum dari dot
  • Saat menyusu, bayi sebentar – sebentar melepas hisapannya

PENANGANAN

Situasi bingung puting memang merupakan situasi yang sulit baik bagi Ibu maupun bagi bayi, namun cobalah untuk tidak cepat untuk berputus asa dan menyerah jika Anda dan bayi membutuhkan waktu lebih lama untuk dapat menyusui secara langsung kembali. Kesulitan bayi untuk menyusui secara langsung bukan berarti bayi menolak Anda. Menyusui langsung dari payudara merupakan refleks alami yang kuat, yang itu artinya refleks tersebut sudah ada secara alamiah pada bayi. Lalu bagaimana mengatasinya?

  1. Hentikan penggunaan botol dot dan empeng
  2. Kunjungi klinik laktasi atau hubungi konselor laktasi. Mereka akan membantu untuk memperbaiki posisi dan perlekatan menyusui Anda
  3. Konselor laktasi akan membimbing Anda untuk melakukan kangaroo mother care (KMC) untuk merekatkan kembali bonding bayi pada Anda
  4. Usahakan untuk tetap menggunakan ASI bukan susu formula untuk tetap menjaga produksi ASI Anda
  5. Fase Transisi. Berikan ASI dengan menggunakan media lain selain dot, seperti sendok, spoonfeeder, spuit, cupfeeder atau softcup. Hubungi konselor laktasi untuk menunjukkan kepada Anda bagaimana cara menggunakan media – media tersebut pada bayi Anda

PENCEGAHAN

Pada bayi baru lahir yang masih belajar menyusu dan sedang memantapkan posisi serta perlekatan meyusu sebaiknya memang tidak diperkenalkan botol dot atau empeng selama 3 sampai 4 minggu pertamanya. Jika memang diperlukan penambahan ASI Perah (ASIP) atau susu formula, maka sebaiknya diberikan dengan menggunakan media lain seperti sendok atau cangkir (cupfeeder).

Istilah “Bingung Puting” memang masih pro-kontra, namun sebaiknya menghindari resiko tersebut dengan tidak mengenalkan botol-dot untuk memberikan ASIP atau susu formula (terutama pada bayi muda). Bayi yang minum tanpa botol-dot juga terhindar dari penyapihan dini, sehingga mendapat ASI lebih optimal.

 

Referensi:

  1. Bayi Bingung Puting – Eveline P.N (Satgas ASI Ikatan Dokter Anak Indonesia)
  2. Bingung Puting – Ikatan Dokter Anak Indonesia (idai.or.id)
  3. What Is Nipple Confusion – Baby Centre UK
Similar posts