Home » Read Konsultasi

Mual Muntah

Pertanyaan :

Selamat sore dok, saya berusia 26 th dan sedang hamil 8 minggu. Saya mengalami mual muntah hampir di sepanjang hari terlbh di malam hr. Mual muntah ini jd membuat saya stres dan kesulitan makan makanan yg sehat. Di pemeriksaan kehamilan 6 mg saya mndpt obat prestrenol, inlacta dan ossovit. Obat2 tsb saya mnm setiap akan tdr malam, tiap tgh malam saya terbangun krn mual dan memuntahkan obat2an yg saya mnm. Ini membuat saya menjadi parno setiap akan mnm obat. Blhkah jk saya menghentikan obat2an tsb? Adakah obat mual muntah yg aman utk ibu hamil? Terimakasih atas waktunya ya dok..

Jawaban :

Halo Bunda

Mual dan muntah memang sering mengganggu terutama bila mengalami kesulitan untuk makan dan minum. Biasanya kondisi seperti ini akan berlangsung selama 14 minggu pertama kehamilan (trimester pertama). Setelah itu keluhan ini akan reda dengan sendirinya.
Beberapa obat seperti prestrenol mungkin bisa memperberat keluhan mual dan muntah.
Ada beberapa pilihan obat yang bisa digunakan untuk meredakan mual dan muntah yang aman digunakan selama kehamilan. Sebaiknya berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan obat yang aman.
Ada beberapa cara yang bisa diterapkan di rumah untuk meredakan mual dan muntah selama hamil. Untuk lebih lengkapnya bisa dilihat di : mual dan muntah selama kehamilan


Semoga membantu
Tim BundaNet