Home » Read Konsultasi

suntik tapros

Pertanyaan :

selamat malam Dokter Ridwan, saya ingin bertanya dok, saya baru saja operasi pengangkatan kista, setelah operasi ini disarankan untuk suntik tapros karena kata dokter yang mengoperasi saya untuk mengantisipasi tumbuh kembali kista tersebut, sedangkan ada yang bilang kalau dengan suntik tapros jd sulit hamil, sedangkan saya sangat ingin program hamil. menurut dokter perlu dilakukan suntik tapros atau tidak ya dok? apa alasannya dok? terima kasih atas penjelasannya dokter Ridwan

Jawaban :

Halo...
Terima kasih atas pertanyaannya
Untuk kasus dengan kista endometriosis atau kista coklat maka ada kemungkinan dokter akan menyarankan pemberian GnRH analog (suntikan tapros) untuk memberikan hasil yang lebih optimal. Karena pada kasus endometriosis bisa terdapat bercak-bercak endometriosis kecil yang sulit diangkat dengan tindakan operasi tetapi bisa diatasi dengan pemberian GnRH analog sehingga diharapkan penanganannya akan lebih tuntas.

Saat pemberian GnRH analog kemungkinan haid tidak terjadi dan kesuburan akan tertunda sementara tetapi setelah terapi selesai haid akan kembali normal dan ovulasi akan bisa terjadi lagi. Dengan kondisi yang lebih optimal pasca operasi dan pemberian GnRH analog diharapkan kemungkinan untuk hamil akan lebih meningkat.

Mudah-mudahan membantu

Tim BundaNet