Home » Read Konsultasi

Menstruasi tidak lancar

Pertanyaan :

Hallo dok selamat pagi . perkenalkan nama saya Erliya dwi sulustyaningrun . di usia sy yg baru menginjak 17thn . sy menghadapi masalah dalam diri saya . sy mengalami hal yg tidak pernah sy kira . yaitu sy tidak menstruasi selama berbulan-bulan . Apa yg telah terjadi kepada dy dok? Apa yg harus sy lakukan supaya sy bisa menstruasi syg lancar seperti dulu . apakah sy masih bisa menstruasi dok? Dan apakah nanti jika sy sudah menikahsy asih bisa hamil? Tolong dokter sy minta jawabannya. Terimakasih .

Jawaban :

Halo Erliya

Kalau sebelumnya sudah pernah haid teratur dan kemudian sering tidak haid berbulan-bulan maka kita sebut sebagai amenore sekunder. Ada beberapa faktor yang bisa menyebabkan hal tersebut misalnya : perubahan berat badan secara drastis terutama berat badan naik drastis, gangguan makan, olah raga yang sangat ekstrim, stres yang sangat berat atau adanya penyakit yang membutuhkan pengobatan jangka panjang. Kalau Erliya sudah menikah tentu harus dipikirkan kemungkinan kehamilan.


Sebagian besar gangguan haid pada remaja biasanya berkaitan dengan Sindrom Ovarium Polikistik yang ditandai dengan adanya tanda peningkatan hormon androgen (jerawat yang tidak kunjung hilang atau pertumbuhan rambut berlebihan di lengan/betis/di atas bibir), gangguan ovulasi berupa gangguan siklus haid dan bentuk indung telur yang khas (dari pemeriksaan USG).


Untuk mengetahui masalah tersebut lebih lanjut sebaiknya Erliya memeriksakan diri ke dokter kandungan sehingga bisa segera dicari jalan keluarnya.

Mudah-mudahan membantu

Tim BundaNET