Home » Read Konsultasi

Menyusui saat hamil

Pertanyaan :

Dear dr.Ridwan, Anak pertama saya usia 15 months, saat ini saya mengandung anak kedua sekitar 1.5 months. apakah masih boleh saya menyusui anak pertama saya? jika boleh, sampai usia kandungan berapa kah saya baiknya menyusui anak pertama dilihat dari segi kandungan gizi ASI nya sendiri dengan kondisi hamil saat ini dan dilihat dari segi kesehatan saya dan janin? apakah nanti akan mempengaruhi asi saya untuk anak kedua juga dok? mengenai kolostrum, itu kapan keluarnya ya dok? mungkin tidak kolostrum anak kedua saya akan tersedot anak pertama saya saat menyusui? Mohon informasinya dokter.. terima kasih

Jawaban :

Terima kasih atas pertanyaannya

Selama tidak ada masalah pada kehamilannya (tidak ada ancaman keguguran dengan gejala berupa flek berulang disertai kram rahim; tidak ada riwayat persalinan prematur pada kehamilan sebelumnya dan tidak ada masalah dengan perkembangan janin dalam rahim) maka bunda bisa dengan aman memberikan ASI selama hamil bahkan sampai melahirkan dan tandem nursing.

Tetapi, jika ingin tetap menyusui selama hamil bunda harus memperhatikan asupan nutrisi dan cairan. Karena kebutuhan nutrisi dan cairan akan meningkat selama hamil dan menyusui. Saat hamil akan terjadi perubahan kualitas, kuantitas dan rasa dari ASI, tetapi untuk anak usia 15 bulan menyusui bukanlah sumber nutrisi utama. Yang terpenting adalah bonding ibu dan anak tetap terjaga.

Dengan tetap menyusui saat hamil maka produksi ASI setelah melahirkan akan tetap terjaga sehingga kebutuhan ASI bayi yang baru lahir akan cepat terpenuhi bahkan tidak ada penurunan berat badan yang biasanya terjadi pada bayi baru lahir.

Kolostrum biasanya akan keluar di beberapa hari pertama setelah melahirkan. Bayi baru lahir tetap akan mendapatkan kolostrum dengan jumlah yang cukup karena frekuensi menyusui bayi baru lahir akan lebih sering dibandingkan kakaknya.


Mudah-mudahan membantu

Tim BundaNET