Home » Read Konsultasi

Mengatasai plasenta solusio di kehamilan berikutnya

Pertanyaan :

Selamat pagi dr. Ridwan, Sp.Og salam kenal. Saya tri. Sy sebulan yg lalu baru melahirkan anak pertama saya(premature) melalui SC. Namun anak saya hnya bertahan 2 hari di inkubator. Sblm melahirkan, sy 2 kali pendarahan di usia kandungan 7&8 bulan. Kata dokter yg menangani sy, sy terkena solusio plasenta. Yg saya baca di postingan dr. Ridwan, ibu hamil yg pernah mengalami solusio plasenta beresiko tinggi memgalami hal yg sama dikehamilan selanjutnya. Itulah yg sangat saya takutkan. Yg ingin saya tanyakan: 1. Apa yg harus saya lakukan di kehamilan2 selanjutnya, agar saya tdk mengalami plasenta solusio kembali? (sy tdk merokok, tdk konsumsi alkohol, tdk hipertensi) 2. Apa bisa sy hamil dalam waktu dekat? Kalau bisa, minimal kapan dok? (apakah ada pengaruh plasenta solusio dgn jarak hamil selanjutnya) Secara persalinan sy kmren caesar, tp saya tdk mau menunda lama2 utk hamil lg. Terimakasih dok.

Jawaban :

Terima kasih atas pertanyaannya

Sebelumnya saya turut berduka cita atas kehilangan anak tercinta. Semoga diberi kesabaran dan kekuatan, amin.

Yang terpenting adalah menanyakan dengan dokter yang menanganinya kemungkinan penyebab terjadinya solusio plasenta tersebut. Karena pencegahan baru bisa dilakukan dengan efektif jika kita mengetahui penyebabnya. Jika penyebab solusio plasenta tidak diketahui maka pencegahan yang optimal sulit untuk dilakukan.

Secara umum bunda bisa melakukan persiapan kehamilan, bisa dilihat dihttp://bundanet.com/kehamilan/persiapan-kehamilan/. Untuk kasus ini, Bunda bisa hamil lagi dalam waktu 6 bulan hingga 12 bulan setelah SC terakhir.

Mudah-mudahan membantu

Tim BundaNET