Home » Menyusui » Etika Menjenguk Bayi

Etika Menjenguk Bayi

Saat kita mendapat kabar bahwa salah satu anggota keluarga atau teman kita baru saja melahirkan, tentu kita ingin segera menengoknya untuk memberikan selamat dan ingin melihat bayi yang baru saja dilahirkan. Namun sebelum itu, ada baiknya kita perhatikan ini dulu yuk, karena menjenguk bayi dan ibu yang baru melahirkan itu ada “rules” nya lho. Apa saja itu?

  1. Beri tahu ibu jika kita akan datang menjenguknya. Jangan pernah sekali-kali menjenguk Ibu yangmenjenguk-bayi-baru-lahir-bundanet baru melahirkan tanpa pemberitahuan terlebih dahulu ya, karena hari-hari pertama menjadi seorang Ibu tentu banyak hal yang harus Ibu hadapi seperti perubahan jam tidur, perubahan jam makan, beradaptasi dengan perilaku bayinya, berbagai macam tantangan menyusui dan suasana hati seorang Ibu yang baru melahirkan tentu berubah-ubah.
  2. Pastikan kita dalam keadaan sehat. Jangan pernah menjenguk ibu beserta bayi yang baru dilahirkan jika Anda sedang dalam tidak sehat, meski hanya batuk dan flu sekalipun. Faktor kelelahan setelah melahirkan tentu membuat daya tahan Ibu menjadi menurun, sistem imun tubuh bayi yang belum kuat akan memudahkannya untuk tertular berbagai macam penyakit.
  3. Ingat waktu. Berkunjunglah secukupnya, tak perlu berlama-lama karena perubahan jam tidur yang Ibu alami tentu akan membuat Ibu membutuhkan waktu istirahat lebih banyak di siang hari untuk menggantikan istirahat malamnya yang berkurang.
  4. Mintalah ijin terlebih dahulu kepada Ibu jika ingin menggendong bayinya. Setidaknya, dengan meminta ijin terlebih dahulu kepada Ibu sebelum menggendong bayinya, ini akan membuat Ibu merasa dihargai sebagai Ibu dari bayi tersebut.
  5. Jangan lupa cuci tangan. Cuci lah tangan saat masuk kedalam rumah dan saat akan menggendong bayi, karena kita tidak tahu bakteri atau penyakit apa saja yang sudah kita temui diluar rumah.
  6. Usahakan untuk memakai parfum yang tidak terlalu menyengat. Penggunaan parfum yang terlalu menyengat akan mengganggu pernafasan bayi yang sensitif, inilah yang akan membuatnya rewel saat akan digendong.
  7. Usahakan untuk tidak mengomentari fisik bayi dan membanding-bandingkannya dengan fisik kedua orangtuanya. Hati dan perasaan ibu akan sedih jika ada yang berkomentar “bayinya mirip siapa nih? Kok ga mirip bapak ibunya ya?”. Meskipun tidak tergambarkan dalam raut wajah, Ibu tersebut akan memikirkan pendapat tersebut. Jangan lupa perubahan suasana hati Ibu yang baru melahirkan karena faktor kelelahan dan perubahan hormonal ya.
  8. Usahakan untuk tidak mengomentari penampilan fisik ibu, seperti “kamu kok kucel sekali, ada lingkaran hitam di matamu” atau “ya ampuun rambutmu berantakan sekali, ga sempet sisiran ya?”. Beradaptasi menjadi Ibu baru atau memiliki bayi kembali, akan membuat Ibu untuk mencurahkan segala perhatian dan energinya untuk memenuhi kebutuhan bayinya.
  9. Hati-hati saat akan memberikan saran. Jika kita tidak benar-benar menguasai ilmu kesehatan atau medis, jangan memberikan saran atau masukan mengenai ilmu kesehatan yang tidak kita kuasai. Sarankan Ibu untuk menanyakannya langsung kepada dokter atau konselor laktasi (jika mengenai masalah menyusui). Banyak masalah baru muncul karena pendapat dan saran yang bahkan diluar logika medis.
  10. Tahu kapan saatnya untuk berpamitan. Jika kita hanya sempat berkunjung di sela-sela kegiatan kita, ada baiknya kita mengetahui kapan jam mandi dan jam tidur bayi. Jika sudah mendekati jam-jam tersebut, ada baiknya kita segera berpamitan kepada Ibu agar Ibu bisa memandikan atau menidurkan bayinya. Inilah pentingnya membuat janji kepada Ibu jika kita ingin datang menjeguknya.

Tips dari kami, jika ingin berkunjung untuk menengok bayi dan Ibu yang baru melahirkan, datanglah dua hingga tiga minggu setelah persalinan. Karena di minggu pertama merupakan waktu ibu untuk mengembalikan stamina yang keluar saat persalinan. Selain itu, di minggu kedua dan ketiga biasanya Ibu sudah mulai pandai beradaptasi dengan perilaku dan kebiasaan bayi sehingga Ibu sudah lebih siap untuk menyambut kedatangan tamu.

Similar posts