Home » Kehamilan » Melahirkan » Faktor – Faktor Yang Mempengaruhi Proses Persalinan

Faktor – Faktor Yang Mempengaruhi Proses Persalinan

Banyak faktor yang bisa mempengaruhi lamanya proses persalinan berlangsung bahkan dapat mempengaruhi keberhasilan melahirkan secara normal, faktor-faktor tersebut antara lain :

  1. Ukuran kepala bayi
    ukuran_kepala_bayi_bundanetBila ukuran kepala bayi terlalu besar dibandingkan dengan ukuran panggul bunda, maka hal tersebut dapat menghambat proses melahirkan bahkan dapat menghalangi proses melahirkan normal. Tetapi kepala bayi juga mempunyai kemampuan untuk menyesuaikan dengan bentuk dan ukuran panggul bunda saat masuk ke dalam jalan lahir (vagina). Hal ini terjadi karena tengkorak kepala bayi belum seluruhnya menyatu.bentuk_kepala_janin_bundanet Hal ini menjelaskan mengapa bentuk kepala bayi dengan proses melahirkan normal tidak sebulat jika proses melahirkan secara seksio sesarea. Tetapi bentuk kepala ini akan segera kembali ke bentuk semula.proses_penurunan_kepala_janin_bundanet
    Jika kepala bayi masuk ke dalam panggul dengan sudut yang tidak tepat, hal ini dapat mempengaruhi lokasi dan intensitas ketidaknyamanan yang bunda rasakan dan lamanya proses melahirkan.
  1. Posisi kepala bayi
    Proses melahirkan akan lebih mudah jika posisi kepala bayi menghadap ke bawah (ke arah tulang ekor ibu) dengan dagu mendekat ke arah dada (kepala menunduk). Posisi ini merupakan ukuran kepala dengan diameter terkecil sehingga akan lebih mudah untuk melewati jalan lahir. Tetapi kadang-kadang posisi kepala bayi tidak pada posisi yang terbaik ini sehingga proses melahirkan bisa memanjang bahkan menjadi tidak mungkin untuk melahirkan normal.

posisi_kepala_janin_bundanet

  1. Bentuk dan luas rongga panggul
    bentuk_dan_luas_panggul_bundanetPanggul bunda, yang terdiri dari tiga tulang yang membentuk ruangan berongga, harus cukup luas agar kepala bayi dapat melewatinya. Untungnya, ukuran kepala bayi biasanya akan sesuai dengan ukuran panggul ibunya. Wanita dengan postur kecil biasanya mempunyai kecenderungan untuk mempunyai bayi yang kecil pula. Secara alami tubuh juga mempunyai kemampuan untuk membantu mempermudah proses melahirkan.Mendekati cukup bulan, plasenta akan melepaskan hormon yang disebut relaksin. Hormon ini akan merelaksasi ligamen (jaringan pengikat sendi) dari panggul, sehingga panggul bisa menjadi lebih luas dan hal ini juga yang menyebabkan bunda akan mengalami kesulitan berjalan saat hamil tua. Panggul yang bisa menjadi lebih luas dan kemampuan kepala bayi untuk menyesuaikan dengan bentuk dan ukuran panggul, biasanya akan memberikan kepala bayi cukup ruang untuk melewati panggul.
  1. Kemampuan leher rahim untuk menipis dan terbuka
    Pada sebagian besar persalinan, leher rahim akan terbuka sesuai yang seharusnya, tetapi kecepatan dari penipisan dan pembukaan leher rahim dapat bervariasi. Hal ini yang turut menentukan cepat atau lambatnya proses melahirkan. Sangat jarang terjadi, leher rahim tidak mampu untuk menipis dan terbuka.

kemampuan_leher_rahim_menipis_dan_terbuka_bundanet

  1. Kemampuan mengedan
    Karena bunda menggunakan otot perut untuk membantu mendorong bayi lahir, maka semakin baik kemampuan fisik bunda maka proses melahirkan akan makin efektif dan cepat. Jika proses melahirkan berlangsung lama dan anda lelah, kemampuan mengedan mungkin menjadi kurang efektif.
  1. Kondisi fisik
    persiapan_sebelum_melahirkan_bundanetJika saat melahirkan bunda dalam kondisi yang sehat dan cukup beristirahat, maka bunda akan lebih kuat untuk melewati proses persalinan ini. Tetapi jika sakit atau kurang istirahat atau jika fase laten berlangsung cukup lama, bunda mungkin akan kelelahan saat tiba waktunya untuk mengedan.Tingkat energi anda juga dapat mempengaruhi kemampuan baik untuk toleransi terhadap nyeri maupun untuk konsentrasi selama proses persalinan. Karena itu berusahalah untuk tetap makan dan minum selama proses persalinan. Pilihlah jenis makanan ringan yang manis atau makanan yang mengandung banyak karbohidrat.
  1. Pandangan bunda tentang melahirkan
    keyakinan_untuk_melahirkan_bundanetJika bunda mempunyai pandangan yang positif, mengetahui secara umum apa saja yang akan dijalani, percaya kepada tim kesehatan yang menangani anda dan telah memikirkan pilihan anda, bunda berarti telah siap untuk berperan aktif dalam proses persalinan dan melahirkan. Jika bunda takut atau cemas mengenai persalinan dan melahirkan maka akan cenderung akan lebih sulit dalam menjalani proses ini. Hal ini terjadi karena stres dapat mencetuskan reaksi psikologis dalam tubuh yang dapat mempengaruhi jalannya proses persalinan.
  1. Dukungan dari keluarga dan tim kesehatan
    dukungan_keluarga_dan_tim_medis_bundanetSuami, orang tua, bidan dan dokter di ruang melahirkan akan bekerja sama untuk memberikan dukungan dan membantu bunda tetap rileks selama proses persalinan. Keberadaan mereka dan panduan yang diberikan akan meningkatkan kemampuan bunda untuk melewati proses persalinan dan melahirkan. Hubungan bunda dengan bidan dan dokter yang membantu proses melahirkan sangat penting. Petugas kesehatan yang menjelaskan mengapa sesuatu hal harus dilakukan dan pilihan apa saja yang tersedia, dengan kepedulian dan dukungan untuk memberikan yang terbaik, akan membuat bunda tenang dan memberikan pengalaman melahirkan yang lebih positif.
  1. Metode untuk mengurangi nyeri selama persalinan
    mengurangi_nyeri_persalinan_bundanetBanyak cara bisa dilakukan untuk membantu mengurangi nyeri selama proses persalinan, misalnya metode relaksasi, hipnobirthing atau pemberian obat (ILA). Metode tersebut dapat mengurangi nyeri sehingga bunda bisa lebih rileks dan berkonsentrasi menjalani proses melahirkan. Penggunaan ILA kadang-kadang bisa memperlambat proses melahirkan atau mempengaruhi kemampuan bunda untuk mengedan sehingga dapat merusak manfaat yang diberikannya. Jadi, bunda yang memutuskan apakah memerlukan pemberian anti nyeri atau tidak.

 

Updated: 06/06/2016

Similar posts