Home » Kehamilan » Keluhan Selama Kehamilan » Gatal Pada Ibu Hamil

Gatal Pada Ibu Hamil

gatal-saat-hamil-bundanetGatal pada ibu hamil, keluhan ini terjadi kira-kira pada seperlima wanita hamil. Gatal ringan terjadi karena peningkatan aliran darah ke kulit. Pada kehamilan lanjut kulit perut akan meregang dan hal ini juga bisa menyebabkan gatal. Gatal bisa terjadi pada perut atau seluruh tubuh dan dapat menyebabkan bercak merah. Secara umum gatal biasanya akan hilang segera setelah melahirkan.

Masalah kulit yang disebut pruritic urticarial papules and plaques of pregnancy (PUPPP)  juga bisa terjadi saat hamil. Gejalanya berupa benjolan gatal kemerahan dan menonjol berukuran kecil-kecil (papul) atau lebar (plak) pada perut atau pada paha,

gatal_pada_ibu_hamil_bundanet

bokong atau lengan. (lihat gambar di bawah ini).

Lebih jarang, wanita mempunyai penyebab spesifik untuk gatal pada seluruh tubuh yang disebut cholestasis of pregnancy. Pada kondisi ini, empedu tidak dibersihkan dari hati secepat yang seharusnya. Hal ini menyebabkan empedu menumpuk di kulit sehingga memicu gatal berat.

Pencegahan dan penanganan gatal

penanganan-gatal-pada-ibu-hamil-bundanetMenggaruk tidak selalu cara terbaik untuk mengurangi gatal. Coba beberapa cara di bawah ini :

  • Gunakan lotion, krim atau minyak pelembab kulit
  • Pakai pakaian dari serat alami seperti katun
  • Gunakan formula oatmeal saat mandi
  • Hindari kepanasan karena akan memperparah gatal

Kapan harus memeriksakan diri ke dokter
Jika dengan penanganan sendiri di rumah tidak berhasil mengurangi gatal maka dokter bisa memberikan obat untuk mengurangi gatal. PUPPP dapat diterapi dengan obat. Jika gatal berat terjadi saat akhir kehamilan, dokter bisa melakukan pemeriksaan fungsi hati. Cholestasis saat kehamilan dapat menyebabkan gatal berat. Walaupun jarang juga bisa menyebabkan muntah, nafsu makan menurun dan lelah. Keluhan ini akan menghilang setelah melahirkan.

Updated: 06/06/2016

Similar posts