Home » Kesehatan Anak » Imunisasi Anak » Imunisasi BCG

Imunisasi BCG

Tujuan ImuniImunisasi-BCG-bundanetsasi BCG

Imunisasi BCG bertujuan untuk mencegah penyakit tuberkulosis (TBC) dan mencegah terjadinya infeksi berat TBC seperti meningitis TBC dan TBC milier.

Tuberkulosis merupakan penyakit infeksi yang disebabkan oleh Mycobacterium tuberculosis. Pada anak, tuberkulosis sering menyebabkan penurunan berat badan, berat badan tidak naik dengan optimal, gagal tumbuh, demam lama (> 2 minggu), dan batuk lama (> 3 minggu).

Jadwal Imunisasi

Imunisasi TBC dilakukan satu kali pada usia 0 – 3 bulan. Usia optimal untuk imuniasi BCG adalah pada usia 2 bulan.

Apabila imunisasi dilakukan setelah anak berusia 3 bulan, maka dianjurkan untuk dilakukan tes tuberkulin. Tujuan tes tuberkulin adalah untuk mengetahui apakah anak sudah terpapar kuman TBC apa belum.

Dosis

Vaksin BCG diberikan 0,1 ml.
Penyuntikan dilakukan pada kulit lengan atas.

Efek Samping

Imunisasi BCG tidak menyebabkan efek samping yang bersifat umum seperti demam.
Efek samping yang dapat terjadi adalah :

  1. Satu sampai dua minggu setelah imunisasi dapat timbul penonjolan dan kemerahan kulit di tempat suntikan yang berubah menjadi bisul, kemudian pecah dan akhirnya sembuh spontan dalam 8 – 12 minggu, dengan meninggalkan tanda seperti bekas luka. Kondisi ini tidak memerlukan pengobatan dan tidak perlu diberikan betadine atau alkohol. Anak tetap boleh mandi.
  2. Kadang-kadang terdapat pembesaran kelenjar getah bening di ketiak atau leher, terasa padat, tidak sakit, dan tidak menimbulkan demam. Reaksi ini adalah normal yang disebut BCG-itis, tidak memerlukan pengobatan dan akan menghilang dalam waktu 3 – 6 bulan.
  3. Abses di lokasi suntikan. Abses sangat jarang terjadi. Abses bersifat tenang, dan umumnya tidak memerlukan pengobatan. Abses dapat sembuh dengan sendirinya meskipun sangat lambat. Pada keadaaan tertentu dokter mungkin akan melakukan tindakan aspirasi abses untuk mengeluarkan isi abses. .
  4. Limfadenitis supuratif. Limfadenitis supuratif adalah peradangan pada kelenjar getah bening. Limfadenitis sangat jarang terjadi. Limfadenitis umumnya tidak memerlukan pengobatan, dan akan sembuh dengan sendirinya dalam waktu 2 – 6 bulan.

Kontraindikasi

Tidak ada kontraindikasi mutlak untuk imunisasi BCG.
Hati-hati imunisasi pada keadaan sedang menderita penyakit akut sedang sampai berat.

Updated: 11/06/2016

Similar posts