Home » Kesehatan Anak » Penyakit Anak » Jamur Pada Mulut Bayi (Oral Thrush)

Jamur Pada Mulut Bayi (Oral Thrush)

jamur-pada-mulut-bayi-bundanetPernahkah Anda menemukan bercak berwarna keputihan pada lidah bayi Anda? Hal ini biasa disebut Jamur pada mulut bayi atau Oral Thrush. Jamur pada mulut bayi merupakan infeksi jamur yang biasa di alami oleh bayi. Jamur pada mulut bayi (Oral Thrush) biasa ditemukan di lidah, sisi mulut, langit-langit dan sekitaran gusi. Oral Thrush juga dapat menyebar ke tenggorokan, amandel hingga kerongkongan.

PENYEBAB

Jamur pada mulut bayi (Oral Thrush) adalah penyakit infeksi pada rongga mulut yang disebabkan oleh infeksi jamur Candida Albicans. Oral thrush sering terjadi pada bayi baru lahir, balita, anak, yang mendapatkan antibiotik dan kortikosteroid (kortikosteroid oral maupun inhalasi), anak dengan gangguan sistem imun dan manula.

Dalam jumlah yang sedikit, candida albicans sebetulnya normal terdapat di permukaan tubuh. Jamur tersebut dapat ditemukan di kulit, rongga mulut, dan saluran pencernaan. Namun, apabila flora normal terganggu, candida albicans dapat tumbuh berlebihan sehingga menyebabkan penyakit kandidiasis. Flora normal dapat terganggu karena disebabkan penggunaan antibiotik yang tidak tepat, kortikosteroid jangka panjang dan imunodefisiensi (gangguan daya tahan tubuh). Anak yang sering mendapatkan inhalasi kortikosteroid mempunyai resiko kandidiasis oral. Pada bayi, sumber infeksi candida bisa berasal dari puting ibu yang terkontaminasi kandida dan botol susu yang kurang higienis.

GEJALA

Gejala oral thrush adalah tampak bercak-bercak putih di dalam mulut, termasuk bibir, lidah, langit-langit mulut, gusi dan tonsil (amandel). Bercak putih tersebut berwarna seperti putih susu, namun sulit dibersihkan. Apabila mudah dibersihkan kemungkinan hanya sisa-sisa susu atau makanan. Bayi bisa saja jadi malas atau bahkan tidak mau menyusu karena oral thrush dapat menimbulkan rasa tidak nyaman, nyeri atau perih.

PENCEGAHAN

Beberapa dokter menyarankan untuk melakukan langkah-langkah dibawah ini untuk mencegah terjadinya jamur pada mulut bayi (oral thrush):

  1. Biasakan untuk selalu mencuci tangan sebelum dan sesudah memegang bayi, terutama setelah mengganti membersihkan-mulut-bayi-bundanetpopoknya. Mencuci tangan dengan bersih setelah mengganti popok bayi juga dapat membantu menghentikan infeksi jamur menyebar karena infeksi dapat menular ke sistem pencernaan mereka.
  2. Rutin membersihkan dan mensterilkan alat makan atau mainan yang berpotensi masuk kedalam mulut bayi
  3. Rutin membersihkan lidah dan mulut bayi jika sudah mulai tampak penumpukkan susu di lidah bayi dengan menggunakan kassa lembut yang sudah dibasahi dengan air matang hangat atau dengan media yang aman untuk bayi. Rutin membersihkan lidah dan mulut bayi akan memudahkan untuk mengajarkan menggosok gigi saat anak sudah mulai beranjak dewasa, karena anak telah terbiasa dengan lingkungan mulut yang bersih.

KAPAN HARUS KE DOKTER?

Oral Thrush pada bayi, biasanya tidak berdampak serius dan berbahaya, namun segeralah ke dokter jika bayi menunjukkan tanda-tanda sebagai berikut:

  1. Bayi menolak menyusu yang dapat berdampak pada kurangnya cairan pada tubuhnya
  2. Bayi memiliki ruam popok yang disebabkan oleh infeksi jamur yang sama, sehingga ruam popoknya tersebut juga harus diobati
  3. Adanya peningkatan suhu tubuh diatas 37,5°C (Suhu Tubuh Normal adalah 36,5°C – 37,5°C)

PENGOBATAN

Pengobatan oral thrush adalah dengan memberikan obat anti jamur. Obat anti jamur yang sering diberikan adalah nystatin suspensi atau tetes. Nystatin relatif aman karena tidak diserap oleh tubuh dan saluran pencernaan. Apabila pengobatan dengan nystatin tidak efektif, obat anti jamur lainnya yang dapat diberikan adalah itraconazole, fluconazole, miconazole, clotrimazole dan gentian violet. Gentian violet sebaiknya tidak ditelan oleh anak. Tidak ada diet khusus dalam penganganan oral thrush.

Referensi:

  1. Oral Thrush In Babies (NHS – United Kingdom)
  2. Thursh In Babies (Baby Center)
Similar posts