Home » Kehamilan » Tips Kehamilan » Kebutuhan Tidur Ibu Hamil Selama Berpuasa

Kebutuhan Tidur Ibu Hamil Selama Berpuasa

kebutuhan-tidur-ibu-hamilTidur merupakan salah satu cara untuk melepaskan kelelahan jasmani dan kelelahan mental. Dengan tidur semua keluhan hilang atau berkurang dan akan kembali mendapatkan tenaga serta semangat untuk menyelesaikan persoalan yang dihadapi. Tidur yang cukup dapat memainkan peranan dalam membantu tubuh kita untuk pulih dari penyakit atau luka. Penelitian menunjukkan bahwa kurang tidur mengakibatkan kehilangan kekuatan, kerusakan pada sistem kekebalan dan meningkatkan tekanan darah (Nancy W, 2006). Menjelang bulan Ramadhan ini kebutuhan tidur ibu hamil selama puasa tentu akan ikut berubah.

Menurut jajak pendapat National Sleep Foundation tahun 1998, 78% wanita melaporkan tidur lebih terganggu selama kehamilan dari pada ketika tidak sedang hamil. Banyak wanita juga melaporkan merasa sangat lelah selama kehamilan, terutama selama trimester pertama dan ketiga. Mengingat tuntutan fisik dan emosional kehamilan dan prevalensi gangguan tidur di kalangan ibu hamil, tak mengherankan jika ibu hamil menjadi sangat lelah.

Salah satu alasan untuk kelelahan dan masalah tidur selama kehamilan adalah perubahan tingkat hormon. Misalnya, kenaikan kadar progesteron dapat menyebabkan kantuk di siang hari yang berlebihan, terutama pada trimester pertama.

Ibu hamil dianjurkan untuk tidur malam sekitar 8 jam dan tidur siang ± 1 jam. Jadwal istirahat dan tidur perlu diperhatikan dengan baik, karena istirahat dan tidur yang teratur dapat meningkatkan kesehatan jasmani, dan rohani untuk kepentingan perkembangan dan pertumbuhan janin.

Lalu bagaimana ketika bulan Ramadhan tiba? Bunda tentu bangun dini hari untuk menyiapkan atau sekadar menemani makan sahur keluarga selama bulan Ramadhan, tak jarang kegiatan tersebut mengurangi porsi tidur ibu hamil. Agar kebutuhan waktu istirahat dan tidur Bunda tetap terpenuhi selama bulan puasa ini, lakukan hal berikut:

  • Kurangi aktifitas yang membutuhkan energi ekstra seperti acara diluar rumah yang mengharuskan menempuh perjalanan jauh atau aktifitas didalam rumah yang berlebihan
  • Di sela-sela aktifitas luangkan waktu untuk dapat beristirahat sejenak dengan membaca Al Quran atau buku
  • Usahakan untuk tidur lebih awal dan tidak begadang di malam hari
  • Bangun di saat mendekati waktu imsak, untuk itu siapkan segala keperluan saat sahur sebelum Bunda tidur
  • Pilihlah menu sahur yang bergizi seimbang dan praktis penyajiannya
  • Setelah sahur dan shalat Subuh tidurlah sejenak
  • Disiang hari, luangkan waktu untuk dapat tidur siang. Menurut Teresa Ann Hoffman, M.D., seorang OB-GYN di Mercy Medical Center di Baltimore “Sebaiknya tidur siang antara jam 2 siang dan jam 4 sore, jika tidak, Anda akan mengalami masalah tidur di malam hari,”.
  • Segeralah berbuka puasa begitu adzan Maghrib berkumandang
  • Kurangi kegiatan di luar rumah saat akhir pekan tiba, manfaatkan waktu untuk beristirahat
  • Tak perlu memaksakan diri, jika Bunda merasa sangat lelah dan tidak sanggup bangun dini hari untuk menyiapkan menu sahur, diskusikan hal tersebut dengan pasangan
  • Jika Bunda bekerja, manfaatkan waktu istirahat makan siang untuk dapat beristirahat sejenak, tak harus dengan tidur siang, cukup dengan melepaskan kepenatan dengan meluruskan punggung dan kaki atau dengan senam ringan jika dirasa Bunda terlalu banyak duduk

Diskusikan pada dokter kandungan Bunda, jika kondisi kehamilan Bunda memerlukan lebih banyak istirahat (bed rest), ikuti saran dari dokter tersebut dan tak perlu ikut bangun di saat sahur, karena tentu dokter lebih tahu yang terbaik untuk kehamilan Bunda. Bunda bisa menyiapkan menu sahur sebelum Bunda beranjak tidur malam atau Bunda dapat mendelegasikannya pada orang lain. Namun, jika dokter tak melarang Bunda untuk ikut berpuasa, Bunda dapat melaksanakan kegiatan sahur dan berpuasa seperti biasa bersama keluarga.

Referensi:

  1. Pregnancy And Sleep (sleepfoundation.org)
  2. Sleep Guide For Pregnancy: Challenges and Solutions (www.fitpregnancy.com)
Similar posts