Home » Kehamilan » Komplikasi Kehamilan » Keguguran Berulang

Keguguran Berulang

Keguguran-Berulang-bundanetApa itu keguguran berulang? – Keguguran adalah ketika kehamilan berakhir dengan sendirinya sebelum usia kehamilan 20 minggu. “Keguguran berulang” adalah istilah medis yang digunakan dokter di mana seorang wanita telah mengalami keguguran sebanyak 2 kali atau lebih berturut-turut. Kondisi ini bisa terjadi pada 1% dari wanita hamil.

 

Apa yang menyebabkan keguguran berulang? – Dalam beberapa kasus, keguguran berulang disebabkan oleh:

  • Masalah Kromosom pada janin – “janin” adalah istilah untuk bayi ketika sedang tumbuh di dalam rahim seorang wanita. Kromosom adalah struktur dalam sel yang mengandung ribuan gen. Masalah kromosom biasanya terjadi secara kebetulan. Di mana janin menerima jumlah kromosom atau struktur kromosom yang tidak normal saat proses pembuahan. Kondisi ini tidak disebabkan oleh penyakit tertentu, tetapi kadang-kadang kelainan ini terjadi karena ibu atau ayah memiliki masalah kromosom. Hal ini juga lebih sering terjadi pada ibu yang lebih tua (Lihat kelainan kromosom dan keguguran).
  • Kelainan bentuk rahim. Beberapa kelainan bawaan bentuk rahim bisa menyebabkan terjadinya keguguran berulang. Kelainan bentuk rahim yang paling sering menyebabkan keguguran adalah adanya sekat (septum) dalam rahim. Pada kondisi ini, terdapat dinding dalam rahim sehingga rahim terbagi menjadi dua bagian. Kelainan lain yaitu sindrom Asherman, di mana terjadi perlekatan akibat terbentuknya jaringan parut di dalam rahim. Pada kelainan ini, keguguran dapat terjadi bahkan sebelum bunda menyadari sedang hamil. Tumor rahim dan polip dalam rahim merupakan tumor jinak yang tumbuh pada rahim. Kondisi ini juga bisa menyebabkan terjadinya keguguran berulang.

Keguguran-bundanetAsherman Syndrome

  • Penyakit autoimun pada ibu misalnya Antiphospholipid Syndome (APS). Pada kondisi ini sistem kekebalan tubuh bereaksi secara tidak sesuai sehingga membuat antibodi terhadap zat tertentu yang terlibat dalam proses pembekuan darah yang normal sehingga bisa terbentuk bekuan-bekuan darah yang dapat menyebabkan sumbatan pada pembuluh darah. Jika sumbatan terjadi pada pembuluh darah yang menuju janin maka bisa menyebabkan keguguran atau kematian janin.

Antiphospholipid Syndome

  • Kondisi medis lain pada ibu. Beberapa di antaranya diabetes terutama diabetes yang tidak terkontrol, penyakit tiroid, masalah pembekuan darah, atau masalah hormon.

Tetapi pada 50-75% kasus, dokter tidak menemukan penyebab dari keguguran berulang tersebut. Mungkin ditemukan beberapa petunjuk tetapi tidak dapat menemukan jawaban yang pasti.

Bagaimana dokter akan mencari tahu mengapa saya mengalami keguguran berulang? – Untuk mengetahui mengapa keguguran Anda telah berulang, dokter akan:

  • Bertanya tentang riwayat kehamilan sebelumnya, riwayat menstruasi dan riwayat penyakit
  • Melakukan pemeriksaan, termasuk pemeriksaan panggul
  • Melakukan tes darah – ini termasuk tes untuk memeriksa sistem kekebalan tubuh, sistem pembekuan darah, dan kadar hormon. Pemeriksaan tersebut juga termasuk tes untuk memeriksa kondisi medis tertentu, seperti penyakit tiroid atau diabetes.
  • Melakukan tes pencitraan untuk memeriksa rahim Anda – Dokter dapat melakukan berbagai jenis tes pencitraan untuk memeriksa kondisi rahim bunda. Salah satu tes umum adalah tipe khusus dari USG. (USG menggunakan gelombang suara untuk membuat gambar dari bagian dalam tubuh.).
  • Melakukan pemeriksaan untuk melihat ke dalam rahim Anda – pemeriksaan ini menggunakan pipa kecil dimana ujung pipa tersebut terdapat kamera dan cahaya kemudian pipa tersebut dimasukkan ke dalam vagina dan sampai ke dalam rahim.

Pemeriksaan Rahim

  • Melakukan tes kromosom pada Anda dan ayah bayi – Sebelum dan setelah pengujian, Anda akan berbicara dengan seorang konselor genetik. Ini adalah orang yang mengkhususkan diri dalam masalah genetik.

Mungkin juga akan dilakukan beberapa tes yang lain tergantung pada kasus yang dialami.

Bagaimana keguguran berulang diatasi? – Jika dokter menemukan kemungkinan penyebab yang dapat diobati, ia akan mengobatinya. Pengobatan yang dilakukan mungkin akan membantu meningkatkan kesempatan bunda untuk hamil dengan normal.

Jika ditemukan adanya kelainan struktur dari kromosom maka bunda akan disarankan untuk konseling genetik. Hasil dari pemeriksaan kromosom dapat membantu menentukan langkah yang akan diambil selanjutnya. Program bayi tabung (IVF) dengan pemeriksaan khusus yang disebut dengan preimplantation genetic diagnosis dapat dilakukan untuk menentukan adanya embrio yang sehat yang dapat di tanam ke dalam rahim bunda.

Embrio Test

Kelainan bentuk rahim seperti adanya sekat dalam rahim, polip atau tumor jinak rahim dapat diterapi dengan pembedahan untuk menurunkan risiko terjadinya keguguran berulang.

Pada antiphospholipid syndrome dapat dberikan pengobatan untuk mencegah terjadinya pembekuan darah, misalnya heparin, kadang-kadang dikombinasi dengan aspirin dosis rendah. Pengobatan ini dapat diberikan selama kehamilan dan beberapa minggu setelah melahirkan. Dengan pengobatan ini dapat meningkatkan angka keberhasilan kehamilan pada wanita dengan kondisi ini.

Apakah ada hal yang bisa saya lakukan sendiri untuk menghindari keguguran berulang? – Tidak ada cara yang pasti untuk menghindari terjadinya keguguran. Tetapi bunda mungkin bisa menurunkan risiko terjadinya keguguran dengan menghindari rokok, alkohol, kafein dan cedera pada perut Bunda. Menjaga berat badan tetap ideal juga bisa membantu meningkatkan peluang mendapatkan kehamilan yang sehat.

Apakah suatu hari nanti saya dapat memiliki bayi? – Kira-kira 65% wanita yang mengalami keguguran berulang tanpa sebab yang jelas bisa hamil dengan normal. Berkonsultasilah dengan dokter saat bunda berencana untuk hamil dan segera setelah bunda curiga mulai hamil. Dengan begitu dokter mempunyai waktu untuk memberikan pengobatan yang dibutuhkan dan akan memantau kondisi kehamilan dengan lebih baik sehingga dapat meningkatkan peluang untuk menjalani kehamilan yang sehat.

Bagaimana saya bisa mendapatkan dukungan jika saya mengalami saat-saat yang sulit? – Mengalami keguguran berulang merupakan kondisi yang sulit dan traumatis. Jika Bunda mengalami kesulitan mengatasinya, berbicara dengan dokter atau perawat. Ia dapat membantu Bunda menemukan seorang konselor untuk berbicara dengan Bunda. Beberapa orang juga merasa terbantu dengan pergi ke kelompok pendukung bagi orang-orang yang berada dalam situasi yang sama

SUMBER :

  1. http://sinalib.ir/uptodate/contents/mobipreview.htm?19/62/20450?source=see_link
  2. http://www.acog.org/~/media/For%20Patients/faq100.pdf
  3. https://www.rcog.org.uk/globalassets/documents/guidelines/gtg_17.pdf

 

Updated: 04/06/2016

Similar posts