Home » Kehamilan

Persiapan Kehamilan

Tujuan dari setiap kehamilan adalah untuk bisa mendapatkan bayi yang sehat. Untuk bisa mencapai tujuan tersebut, ternyata tidak cukup hanya dengan kontrol teratur saat kehamilan.

Tujuan Pemeriksaan Kehamilan

Pemeriksaan kehamilan merupakan rangkaian konsultasi dan pemeriksaan yang dilakukan oleh tenaga kesehatan (dokter atau bidan) selama kehamilan.

Jadwal Pemeriksaan Kehamilan

Pada trimester pertama dan kedua ibu hamil dianjurkan untuk melakukan pemeriksaan kehamilan setiap bulan.Saat pemeriksaan pertama biasanya bunda akan ditanyakan mengenai

Pemeriksaan Laboratorium

Sebagai bagian dari pemeriksaan kehamilan, bunda akan disarankan untuk melakukan beberapa pemeriksaan darah. Beberapa pemeriksaan dilakukan untuk semua ibu hamil dan beberapa pemeriksaan lainnya khusus untuk ibu dengan risiko penyakit infeksi tertentu atau penyakit yang diturunkan.

Pemeriksaan ULTRASONOGRAFI (USG) Saat Kehamilan

Istilah “ultrasound” merupakan gelombang suara frekuensi tinggi yang tidak dapat didengar oleh telinga manusia, di mana gelombang suara tersebut mempunyai frekuensi lebih dari 20.000 Hz.

Gusi Berdarah

Seperti bagian tubuh yang lain, gusi juga menerima lebih banyak aliran darah selama kehamilan. Hal ini dapat menyebabkan gusi menjadi bengkak dan lebih lunak. Sebagai akibatnya, gusi mungkin dapat sedikit berdarah saat menyikat gigi. Jangan lalai untuk merawat gigi selama kehamilan. Sikat gigi, menggunakan benang gigi serta pemeriksaan dan membersihkan gigi secara teratur menjadi penting.

Jerawat

Jerawat juga bisa muncul atau menjadi lebih parah saat hamil. Hal ini terjadi akibat hormon kehamilan meningkatkan pengeluaran minyak dari kelenjar kulit. Perubahan kulit ini bersifat sementara dan akan menghilang setelah melahirkan. Sebagian besar jerawat dapat dicegah atau dikontrol dengan perawatan kulit yang baik. Beberapa cara dibawah ini dapat dicoba untuk dilakukan

Keputihan

Banyak wanita akan mengalami peningkatan cairan vagina selama kehamilan. Lendir yang keluar dari vagina belum tentu merupakan suatu tanda adanya masalah atau infeksi. Hal ini tergantung dari jumlah dan warna cairan yang keluar serta apakah diikuti gejala lainnya seperti gatal atau berbau. Lendir cair, bening atau sedikit putih susu dan tidak berbau biasanya menunjukkan kondisi yang

Kulit Menjadi Lebih Gelap

Hal ini merupakan salah satu perubahan kulit yang paling sering, terjadi pada 90 persen wanita hamil. Daerah yang menjadi lebih gelap terutama pada pipi, dagu, hidung, dahi, pusar, ketiak, paha bagian dalam dan daerah antara kemaluan dan anus (perineum). Daerah kulit yang sudah gelap akan menjadi lebih gelap, daerah yang paling tampak perubahannya adalah di area sekitar puting susu dan bibir

Mencegah Keracunan Makanan Saat Hamil

Walaupun tidak mungkin selalu bisa menghindari paparan terhadap mikroba yang dapat menyebabkan keracunan makanan, tetapi beberapa pencegahan dapat dilakukan untuk mengurangi risiko terjadi keracunan makanan. Di bawah ini akan dijelaskan pencegahan secara umum yang dapat dilakukan :

Indeks Masa Tubuh

Nutrisi sangat erat kaitannya dengan berat badan. Salah satu cara untuk mengetahui status nutrisi seseorang adalah dengan menghitung Indeks Massa Tubuh (IMT). Bunda dianjurkan untuk mengetahui indeks massa tubuh (IMT) sesaat sebelum hamil, karena akan digunakan untuk pedoman peningkatan berat badan selama hamil. Selain IMT, kondisi kesehatan, riwayat kesehatan, kondisi kesehatan janin dan apakah hamil kembar atau tunggal juga berpengaruh pada rekomendasi peningkatan berat badan selama kehamilan.

Vitamin dan Mineral Penting Saat Hamil

Makanan sehat dan bervariasi akan membantu bunda untuk mendapatkan vitamin dan mineral yang dibutuhkan saat hamil. Terdapat beberapa vitamin dan mineral yang penting saat kehamilan. Asam folat penting saat kehamilan karena dapat mengurangi risiko cacat tabung saraf seperti spina bifida. Jika bunda berencana akan hamil, bunda dianjurkan mengkonsumsi 400 mcg asam folat setiap hari

Peningkatan Berat Badan Saat Hamil

Sebagian besar peningkatan berat badan saat hamil berkaitan dengan perkembangan janin. Bila peningkatan berat badan terlalu berlebihan dapat mengganggu kesehatan dan dapat meningkatkan tekanan darah. Bunda tidak perlu melakukan diet tetapi dengan konsumsi makanan sehat. Coba untuk tetap aktif melakukan aktifitas sehari-hari atau dengan melakukan olah raga.

Manfaat Olahraga Saat Hamil

Sebagian ibu hamil pasti merasa kuatir saat dianjurkan melakukan olah raga saat hamil. Padahal banyak sekali manfaat yang bisa diperoleh dengan melakukan olah raga saat hamil asalkan sudah berkonsultasi dengan dokter, mengikuti panduan dan tidak ada kontra indikasi berkaitan masalah kesehatan dan kehamilan. Jika ibu tidak mempunyai masalah kesehatan yang serius dan tidak ada

Kontraindikasi Olahraga Saat Hamil

Pada kehamilan tanpa komplikasi, baik yang tidak pernah berolah raga maupun yang sudah terbiasa, ibu hamil dianjurkan untuk berolah raga. Tetapi pada kehamilan dengan komplikasi tidak dianjurkan untuk berolah raga karena dikhawatirkan akan memperberat kondisi kesehatan atau membahayakan ibu hamil maupun janin.

Hal-hal Yang Harus Diperhatikan Sebelum Memulai Olahraga Saat Hamil

Konsultasi dengan dokter anda untuk memastikan tidak ada masalah kesehatan atau kehamilan yang membatasi berolah raga saat hamil. Jangan berolah raga jika anda memiliki masalah dengan kehamilan karena dapat mempengaruhi jumlah oksigen yang didapatkan bayi.

Memulai Olahraga Dengan Aman Saat Hamil

Melakukan olah raga saat hamil akan senam-hamillebih mudah pada 24 minggu pertama kehamilan. Pada tiga bulan terakhir bunda akan merasakan kesulitan melakukan olah raga yang sebelumnya mudah dilakukan dan hal ini merupakan sesuatu yang normal. Bila bunda tidak terbiasa berolah raga maka mulailah dengan berolah raga minimal 5 menit sehari dan tambah 5 menit tiap minggu sampai

Kehamilan Ektopik

Kehamilan ektopik adalah kehamilan yang berlokasi pada tempat yang tidak seharusnya, yaitu di luar rahim. Kehamilan ektopik merupakan kondisi yang serius dan dapat mengancam jiwa.

Pendarahan Saat Hamil

Perdarahan selama kehamilan biasa terjadi, terutama selama trimester pertama. Hal ini tentu saja menyebabkan bunda menjadi khawatir dan takut terjadi masalah dengan kehamilannya. Walaupun sebagian besar perdarahan bukan disebabkan masalah yang serius tetapi kadang-kadang hal ini bisa merupakan tanda adanya masalah yang berat yang memerlukan penanganan lebih lanjut. Karena itu, penting untuk mengetahui apa saja penyebab perdarahan selama kehamilan dan kapan harus datang untuk memeriksakan diri ke dokter.

Virus Rubella (Campak Jerman)

Rubella (campak jerman) adalah infeksi yang disebabkan oleh virus rubella. Walaupun penyakit ini paling sering menyerang anak kecil tetapi siapa saja bisa terkena infeksi rubella.

Cacar Air Saat Hamil

Cacar air adalah infeksi yang disebabkan oleh virus varicella-zoster. Istilah medis untuk cacar air adalah varicella. Jika virus ini masuk ke dalam tubuh maka sistem kekebalan tubuh akan membentuk antibodi selama infeksi berlangsung. Antibodi ini akan melawan virus dan kemudian akan memberikan kekebalan tubuh terhadap cacar air selamanya. Karena itu, sangat jarang mengalami infeksi cacar air lebih dari satu kali. Sebagian besar orang akan mengalami infeksi cacar air saat kanak-kanak sehingga sangat jarang saat dewasa terinfeksi cacar air.

Mitos Yang Berkaitan Dengan Jenis Kelamin Bayi

Mengetahui jenis kelamin bayi merupakan hal yang sering ditunggu oleh pasangan yang sedang menanti kehadiran bayi. Bahkan hal yang paling sering ditanyakan oleh keluarga dan kerabat adalah jenis kelamin bayi. Karena sangat menarik dan selalu ditunggu-tunggu maka hal ini bisa menjadi topik tebak-tebakan yang menarik.

Mitos Nanas dan Kehamilan

Banyak mitos yang beredar di masyarakat mengenai konsumsi nanas saat hamil, terutama saat hamil muda (trimester I). Banyak yang menganggap bahwa dengan mengkonsumsi buah nanas dapat menyebabkan masalah pada kehamilan hingga terjadi keguguran. Akibatnya buah yang kaya akan vitamin C ini banyak dihindari oleh ibu hamil.

Mitos Air Kelapa dan Kehamilan

Seringkali kita mendengar bahwa saat hamil dianjurkan untuk sering mengkonsumsi air kelapa agar bayi yang nanti dilahirkan bersih atau putih. Biasanya dianjurkan saat hamil trimester ketiga. Sebaliknya banyak pasangan yang takut untuk mengkonsumsi air kelapa jika kehamilannya belum di trimester ketiga dengan alasan baru

Kebutuhan Tidur Ibu Hamil Selama Berpuasa

Tidur merupakan salah satu cara untuk melepaskan kelelahan jasmani dan kelelahan mental. Menjelang bulan Ramadhan ini kebutuhan tidur ibu hamil selama puasa tentu akan ikut berubah.

Berpuasa Saat Hamil

Bagi seorang muslim, berpuasa merupakan suatu kewajiban. Tetapi, ada beberapa pengecualian yang diberikan, termasuk kepada ibu hamil dan menyusui. Secara umum, jika seorang ibu sehat dan kondisi janin sehat, ibu merasa mampu untuk berpuasa maka ibu hamil diperbolehkan untuk berpuasa setelah berkonsultasi dengan dokter.

Robekan Jalan Lahir Lebih Sedikit Dengan Pijat Perineum

Melahirkan merupakan saat yang paling ditunggu sekaligus merupakan saat yang paling menegangkan. Dari sekian banyak hal yang mengganggu pikiran ibu hamil saat mendekati waktu melahirkan adalah terjadinya robekan pada jalan lahir (vagina). Sebagian besar robekan terjadi secara alamiah akibat keluarnya kepala dan badan bayi.

Berpuasa Saat Hamil

Bagi seorang muslim, berpuasa merupakan suatu kewajiban. Tetapi, ada beberapa pengecualian yang diberikan, termasuk kepada ibu hamil dan menyusui. Secara umum, jika seorang ibu sehat dan kondisi janin sehat, ibu merasa mampu untuk berpuasa maka ibu hamil diperbolehkan untuk berpuasa setelah berkonsultasi dengan dokter.