Home » Kehamilan » Nutrisi Selama Kehamilan

Mencegah Keracunan Makanan Saat Hamil

Walaupun tidak mungkin selalu bisa menghindari paparan terhadap mikroba yang dapat menyebabkan keracunan makanan, tetapi beberapa pencegahan dapat dilakukan untuk mengurangi risiko terjadi keracunan makanan. Di bawah ini akan dijelaskan pencegahan secara umum yang dapat dilakukan :

Indeks Masa Tubuh

Nutrisi sangat erat kaitannya dengan berat badan. Salah satu cara untuk mengetahui status nutrisi seseorang adalah dengan menghitung Indeks Massa Tubuh (IMT). Bunda dianjurkan untuk mengetahui indeks massa tubuh (IMT) sesaat sebelum hamil, karena akan digunakan untuk pedoman peningkatan berat badan selama hamil. Selain IMT, kondisi kesehatan, riwayat kesehatan, kondisi kesehatan janin dan apakah hamil kembar atau tunggal juga berpengaruh pada rekomendasi peningkatan berat badan selama kehamilan.

Vitamin dan Mineral Penting Saat Hamil

Makanan sehat dan bervariasi akan membantu bunda untuk mendapatkan vitamin dan mineral yang dibutuhkan saat hamil. Terdapat beberapa vitamin dan mineral yang penting saat kehamilan. Asam folat penting saat kehamilan karena dapat mengurangi risiko cacat tabung saraf seperti spina bifida. Jika bunda berencana akan hamil, bunda dianjurkan mengkonsumsi 400 mcg asam folat setiap hari

Peningkatan Berat Badan Saat Hamil

Sebagian besar peningkatan berat badan saat hamil berkaitan dengan perkembangan janin. Bila peningkatan berat badan terlalu berlebihan dapat mengganggu kesehatan dan dapat meningkatkan tekanan darah. Bunda tidak perlu melakukan diet tetapi dengan konsumsi makanan sehat. Coba untuk tetap aktif melakukan aktifitas sehari-hari atau dengan melakukan olah raga.

Makanan Yang Harus Dihindari Saat Hamil

Terdapat beberapa jenis makanan yang sebaiknya tidak dikonsumsi saat hamil karena dapat membuat sakit atau berbahaya untuk janin. Makanan yang harus dihindari, yaitu : 1. Daging mentah atau kurang matang. Daging dan unggas harus dimasak hingga matang sehingga tidak tampak lagi bagian yang berwarna merah muda atau masih tampak ada darah pada daging. Khususnya daging cincang dan

Makanan Yang Harus Dikonsumsi Saat Hamil

Diet sehat sangat penting jika sedang hamil atau saat persiapan kehamilan. Makanan sehat selama kehamilan akan membantu pertumbuhan dan perkembangan janin dan membantu ibu hamil tetap fit dan sehat. Saat hamil ibu akan merasakan lebih lapar dari pada biasanya, tetapi bukan berarti harus makan untuk dua orang walaupun sedang hamil kembar.

Memaksimalkan Penyerapan Zat Besi

Kebutuhan akan zat besi sangat meningkat saat hamil, karena itu dianjurkan untuk mengkonsumsi suplemen zat besi dan mengkonsumsi bahan makanan yang kaya akan zat besi. Tetapi bila tidak dilakukan dengan cara yang tepat maka zat besi dalam suplemen atau bahan makanan yang dikonsumsi mungkin tidak akan diserap secara maksimal oleh tubuh.