Home » Kesehatan Anak

7 Alasan Tak Perlu Khawatir Dengan Vaksin Palsu

Penemuan Vaksin Palsu yang telah diungkap oleh Kepolisian tentu telah membuat para orangtua merasa khawatir. Meski begitu, Kementrian Kesehatan RI menghimbau masyarakat untuk tetap tenang dan tak perlu terlalu takut terhadap peredaran Vaksin Palsu tersebut. Saat ini pemerintah sedang melakukan pendataan secara menyeluruh fasilitas kesehatan mana saja yang menggunakan vaksin palsu dan berapa anak yang telah terpapar Vaksin Palsu.

Jadwal Imunisasi Anak Umur 0 – 18 tahun

Imunisasi BCG

Imunisasi BCG bertujuan untuk mencegah penyakit tuberkulosis (TBC) dan mencegah terjadinya infeksi berat TBC seperti meningitis TBC dan TBC milier. Tuberkulosis merupakan penyakit infeksi yang disebabkan oleh Mycobacterium tuberculosis. Pada anak, tuberkulosis sering menyebabkan penurunan berat badan, berat badan tidak naik dengan optimal, gagal tumbuh, demam lama

Imunisasi Rotavirus

Imunisasi rotavirus bertujuan untuk mencegah infeksi rotavirus. Rotavirus adalah salah satu virus yang paling sering menyebabkan muntah dan diare pada bayi dan anak kecil. Muntah dan diare karena rotavirus bisa berat sehingga dapat menyebabkan dehidrasi.Vaksin rotavirus cukup efektif mencegah infeksi rotavirus. Vaksin ini dapat mencegah 74% – 87% kasus infeksi rotavirus. Dan hampir semua bayi yang mendapatkan vaksin rotavirus terlindungi dari infeksi rotavirus berat.

Pentingnya Menyendawakan Bayi

Bersendawa adalah pelepasan gelembung gas ke kerongkongan dan akan keluar dari mulut. Gelembung gas ini juga bisa dilepaskan oleh bayi anda melalui buang angin, sehingga menghasilkan suara dan aroma yang berbeda. Beberapa bayi saat bersendawa, akan mengeluarkan udara atau sedikit isi lambungnya (gumoh), untuk itu selalu gunakan kain alas saat akan menyendawakan bayi.

Perawatan Tali Pusat

Setelah bayi lahir, tali pusat akan dijepit dan dipotong kira-kira 2-3 cm dari dinding perut bayi. Tidak perlu khawatir karena prosedur ini tidak akan menyakiti bayi anda. Setelah tali pusat terpotong, akan tersisa tunggul berukuran 2–3 cm menempel pada pusat bayi. Bagi kebanyakan orang, keberadaan tunggul tali pusat tersebut akan sedikit membuat ngeri karena khawatir akan menyakiti bayi jika tersentuh secara tidak sengaja.

Pola Tidur Bayi

Bayi baru lahir biasanya akan memiliki pola tidur sebanyak enam belas sampai tujuh belas jam dalam sehari. Namun kebanyakan bayi tidak tertidur selama lebih dari dua hingga empat jam sekaligus, di siang maupun di malam hari, selama beberapa minggu pertama kehidupannya.

Perkembangan Anak Usia 4 Bulan

Perkembangan anak bisa dilihat dari cara anak bermain, belajar, berbicara, berinteraksi, dan berprilaku. Untuk memantau perkembangan anak, anda dapat mencocokkan apa yang sudah bisa dilakukan anak anda dengan developmental milestones atau tahap perkembangan berdasarkan usianya. Apabila perkembangan anak tidak sesuai dengan milestones untuk usianya atau anda curiga ada masalah, segeralah konsultasi dengan dokter anak.

Jamur Pada Mulut Bayi (Oral Thrush)

Pernahkah Anda menemukan bercak berwarna keputihan pada lidah bayi Anda? Hal ini biasa disebut Jamur pada mulut bayi atau Oral Thrush. Jamur pada mulut bayi merupakan infeksi jamur yang biasa di alami oleh bayi. Jamur pada mulut bayi (Oral Thrush) biasa ditemukan di lidah, sisi mulut, langit-langit dan sekitaran gusi. Oral Thrush juga dapat menyebar ke tenggorokan, amandel hingga kerongkongan.

Mengatasi Kolik Pada Bayi

Menangis merupakan tanda bahwa ada sesuatu yang membuat bayi merasa tidak nyaman. Seperti haus, lapar, kegerahan, kedinginan atau pakaian yang digunakan membuatnya tidak nyaman. Namun ada kalanya bayi menangis tidak diketahui penyebabnya. Jika Anda tidak menemukan penyebabnya dan bayi terus menerus menangis, kemungkinan bayi menderita kolik. Kolik merupakan salah satu gangguan pencernaan yang sering dikeluhkan oleh orangtua.

Bekas Suntikan Vaksin BCG

Berdasarkan kesepakatan bersama, penyuntikan vaksin BCG dilakukan di lengan atas sebelah kanan. Setelah penyuntikan vaksin BCG, umumnya terjadi bisul atau luka bernanah. Hal ini dikarenakan vaksin BCG mengandung bakteri hidup sehingga penyuntikannya akan menyerupai infeksi alamiah, dimana tubuh melakukan respons imun dan akan terbentuk bisul di lokasi penyuntikkan vaksin.

Ruam Popok Pada Bayi

Ruam popok merupakan bentuk umum dari kulit yang meradang (dermatitis) yang muncul pada kulit dibawah popok. Ruam popok biasanya terjadi pada bayi dan anak – anak dibawah usia 2 tahun. Ruam popok sering berkaitan dengan keadaan kulit yang basah, jarangnya mengganti popok, sensifitas kulit dan adanya gesekan antara kulit dengan popok. Hampir setiap bayi mengalami ruam popok setidaknya satu kali selama tiga tahun pertama kehidupannya, dengan mayoritas di usia sembilan hingga dua belas bulan.