Home » Kesehatan Anak » Imunisasi Anak

7 Alasan Tak Perlu Khawatir Dengan Vaksin Palsu

Penemuan Vaksin Palsu yang telah diungkap oleh Kepolisian tentu telah membuat para orangtua merasa khawatir. Meski begitu, Kementrian Kesehatan RI menghimbau masyarakat untuk tetap tenang dan tak perlu terlalu takut terhadap peredaran Vaksin Palsu tersebut. Saat ini pemerintah sedang melakukan pendataan secara menyeluruh fasilitas kesehatan mana saja yang menggunakan vaksin palsu dan berapa anak yang telah terpapar Vaksin Palsu.

Jadwal Imunisasi Anak Umur 0 – 18 tahun

Imunisasi BCG

Imunisasi BCG bertujuan untuk mencegah penyakit tuberkulosis (TBC) dan mencegah terjadinya infeksi berat TBC seperti meningitis TBC dan TBC milier. Tuberkulosis merupakan penyakit infeksi yang disebabkan oleh Mycobacterium tuberculosis. Pada anak, tuberkulosis sering menyebabkan penurunan berat badan, berat badan tidak naik dengan optimal, gagal tumbuh, demam lama

Imunisasi Rotavirus

Imunisasi rotavirus bertujuan untuk mencegah infeksi rotavirus. Rotavirus adalah salah satu virus yang paling sering menyebabkan muntah dan diare pada bayi dan anak kecil. Muntah dan diare karena rotavirus bisa berat sehingga dapat menyebabkan dehidrasi.Vaksin rotavirus cukup efektif mencegah infeksi rotavirus. Vaksin ini dapat mencegah 74% – 87% kasus infeksi rotavirus. Dan hampir semua bayi yang mendapatkan vaksin rotavirus terlindungi dari infeksi rotavirus berat.

Imunisasi Hepatitis B

Imunisasi hepatitis B dilakukan untuk mencegah infeksi virus hepatitis B. Pada anak, virus hepatitis B dapat ditularkan dari ibu yang menderita hepatitis B saat persalinan. Sedangkan pada remaja, virus hepatitis B ditularkan melaluli hubungan seksual dan penggunaan jarum suntik pada pengguna narkoba. Infeksi virus hepatitis B menyebabkan peradangan pada hati yang memberikan gejala demam, mual/muntah, dan kuning pada mata dan kulit.