Home » Kesehatan Anak » Penyakit Anak

Jamur Pada Mulut Bayi (Oral Thrush)

Pernahkah Anda menemukan bercak berwarna keputihan pada lidah bayi Anda? Hal ini biasa disebut Jamur pada mulut bayi atau Oral Thrush. Jamur pada mulut bayi merupakan infeksi jamur yang biasa di alami oleh bayi. Jamur pada mulut bayi (Oral Thrush) biasa ditemukan di lidah, sisi mulut, langit-langit dan sekitaran gusi. Oral Thrush juga dapat menyebar ke tenggorokan, amandel hingga kerongkongan.

Mengatasi Kolik Pada Bayi

Menangis merupakan tanda bahwa ada sesuatu yang membuat bayi merasa tidak nyaman. Seperti haus, lapar, kegerahan, kedinginan atau pakaian yang digunakan membuatnya tidak nyaman. Namun ada kalanya bayi menangis tidak diketahui penyebabnya. Jika Anda tidak menemukan penyebabnya dan bayi terus menerus menangis, kemungkinan bayi menderita kolik. Kolik merupakan salah satu gangguan pencernaan yang sering dikeluhkan oleh orangtua.

Bekas Suntikan Vaksin BCG

Berdasarkan kesepakatan bersama, penyuntikan vaksin BCG dilakukan di lengan atas sebelah kanan. Setelah penyuntikan vaksin BCG, umumnya terjadi bisul atau luka bernanah. Hal ini dikarenakan vaksin BCG mengandung bakteri hidup sehingga penyuntikannya akan menyerupai infeksi alamiah, dimana tubuh melakukan respons imun dan akan terbentuk bisul di lokasi penyuntikkan vaksin.

Ruam Popok Pada Bayi

Ruam popok merupakan bentuk umum dari kulit yang meradang (dermatitis) yang muncul pada kulit dibawah popok. Ruam popok biasanya terjadi pada bayi dan anak – anak dibawah usia 2 tahun. Ruam popok sering berkaitan dengan keadaan kulit yang basah, jarangnya mengganti popok, sensifitas kulit dan adanya gesekan antara kulit dengan popok. Hampir setiap bayi mengalami ruam popok setidaknya satu kali selama tiga tahun pertama kehidupannya, dengan mayoritas di usia sembilan hingga dua belas bulan.

Gejala Anemia Pada Anak

Zat besi merupakan mineral yang penting untuk pertumbuhan dan perkembangan anak. Zat besi membantu mengalirkan oksigen dari paru-paru ke seluruh tubuh serta membantu otot untuk menyimpan dan menggunakan oksigen tersebut. Jika anak tidak memiliki zat besi yang cukup, maka anak akan mengalami anemia.

Infeksi Saluran Kencing (ISK) Pada Anak

Infeksi saluran kencing (ISK) merupakan infeksi bakteri yang paling sering di diagnosis pada anak-anak selain infeksi saluran pernafasan dan diare. Infeksi saluran kencing terjadi karena ditemukannya organisme pada saluran kencing yang seharusnya steril.

Cedera Kepala Pada Anak

Saat anak berada pada fase belajar merangkak dan berjalan, hal yang paling sering terjadi pada anak adalah terjatuh dan benturan pada kepala. Benturan pada kepala dapat menyebabkan perlukaan di kepala, maupun cedera di dalam kepala.

Mengatasi Batuk Pada Anak

Batuk merupakan masalah yang sering dialami oleh anak-anak. Batuk adalah gejala dari suatu penyakit. Banyak penyakit pada anak-anak yang dapat memberikan gejala batuk. Namun sebagian besar batuk disebabkan oleh infeksi saluran pernapasan akut (ISPA) yang disebabkan oleh infeksi virus dan umumnya sembuh sendiri.

Mengatasi Demam Pada Bayi Dan Anak

Demam adalah peningkatan suhu tubuh di atas nilai normal. Demam bukanlah suatu penyakit, melainkan suatu tanda dari berbagai proses dalam tubuh. Kita sering khawatir bila kita atau anggota keluarga kita mengalami demam. Namun demam tidak selalu berdampak buruk bagi tubuh kita, bahkan sesungguhnya demam merupakan mekanisme pertahanan tubuh kita

Tips Mengatasi Anak Susah Makan

Siapa yang tidak pusing bila si buah hati susah makan? Berbagai upaya tentu akan dilakukan Bunda agar anaknya mau makan. Tidak jarang Bunda memaksa anaknya agar mau makan, yang justru memicu ‘peperangan’ antara Bunda dan anak. Bunda juga sering memberikan multivitamin dan penambah nafsu makan

Penyakit Campak Pada Anak (Morbili, Measles, Rubeola)

Campak atau morbili adalah penyakit yang disebabkan oleh infeksi paramyxovirus. Penyakit yang juga dikenal sebagai rubeola tersebut sangat menular dan cukup sering menyerang bayi dan anak. Gejala utama campak adalah demam, kemerahan pada kulit (ruam), dan dapat disertai batuk dan pilek. Campak dapat menyebabkan sakit ringan sampai berat, dan bahkan dapat menyebabkan komplikasi.

Asma Pada Anak

Asma merupakan penyakit peradangan kronik saluran napas yang menyebabkan respon yang berlebihan dari jalan nafas. Asma ditandai dengan timbulnya gangguan pernapasan yang hilang timbul dan berulang berupa mengi (nafas berbunyi ngik), sesak nafas, dada/napas terasa berat dan batuk-batuk terutama malam menjelang dini hari.

Gejala Kurang Cairan (Dehidrasi)

Dehidrasi adalah keadaan tubuh kekurangan cairan. Dehidrasi dapat terjadi karena tubuh tidak mendapatkan cairan yang cukup (contoh: mogok makan dan minum) atau karena tubuh kehilangan cairan berlebihan (contoh: diare, muntah). Diare dan muntah merupakan penyebab dehidrasi paling sering pada anak.

Penyakit Tifus (Demam Tifoid)

Demam tifoid (typhoid fever) atau yang lebih dikenal dengan penyakit tifus adalah penyakit infeksi sistemik yang disebabkan oleh Samonella typhi. Demam tifoid masih menjadi penyakit yang endemik di Indonesia. Penyakit tersebut menyerang anak-anak dan dewasa.

Alergi Susu Sapi Pada Anak

Alergi susu adalah salah satu alergi makanan yang paling sering terjadi pada bayi dan anak. Protein susu sapi merupakan penyebab alergi susu terbanyak. Selain susu sapi, bayi juga bisa alergi protein susu kambing domba. Meskipun jarang, beberapa bayi yang alergi susu sapi juga bisa alergi protein susu kedelai.

Demam Dengan Ruam Kulit Pada Anak (Rash, Kemerahan)

Demam pada anak dapat disertai ruam atau kemerahan di kulit. Demam yang disertai dengan ruam termasuk sering dialami anak-anak. Demam dengan ruam dapat disebabkan infeksi virus maupun bakteri. Penyebab paling sering adalah infeksi virus (viral exanthema) dan umumnya dapat sembuh dengan sendirinya

Alergi Makanan Pada Anak

Alergi makanan adalah reaksi tubuh yang berlebihan terhadap alergen (protein) yang terkandung dalam makanan tertentu. Alergi biasanya timbul beberapa saat setelah anak makan. Reaksi alergi makanan umumnya ringan, namun pada beberapa anak dapat terjadi reaksi alergi berat.

Kejang Demam

Kejang Demam adalah kejang yang terjadi saat anak demam dan bukan disebabkan kelainan di otak (infeksi) atau kelainan elektrolit. Kejang dapat berupa kekakuaan otot dan/atau gerakan berulang-ulang (ritmik) pada kaki, tangan dan mata (bola mata bergerak ke atas). Kejang demam sering terjadi pada anak usia 6 bulan – 5 tahun.

Tanda-Tanda Dehidrasi Pada Anak

Dehidrasi merupakan keadaan tubuh kekurangan cairan. Dehidrasi dapat terjadi karena tubuh tidak mendapatkan cairan yang cukup atau karena tubuh kehilangan cairan berlebihan. Pada anak dan bayi, dehidrasi sering disebabkan oleh muntah dan diare (gastroenteritis akut). Anak yang sedang sakit demam apabila kurang minum juga dapat mengalami dehidrasi.

Rotavirus

Rotavirus adalah virus yang sering menyebabkan infeksi saluran pencernaan (gastroenteritis akut) pada anak. Pada bayi dan anak kecil, infeksi rotavirus dapat menyebabkan diare dan muntah berat sehingga anak dapat kehilangan banyak cairan (dehidrasi). Setelah anak terinfeksi rotavirus, diperlukan waktu 1-3 hari untuk timbul gejala. Seringkali muntah-muntah adalah gejala yang pertama kali timbul, lalu disusul demam dan diare.

Muntah

Muntah adalah keluarnya isi lambung sampai ke mulut. Isi muntahan dapat berupa cairan bercampur makanan atau cairan lambung saja. Muntah pada anak sering menimbulkan kecemasan bagi kita. Hal tersebut sangat wajar karena muntah yang terjadi terus-menerus dapat menyebabkan dehidrasi yang merupakan salah satu kondisi kegawatdaruratan pada anak.

Deteksi Dini dan Pencegahan Anemia Defisiensi Besi Pada Bayi dan Anak

Anemia defisiensi besi merupakan masalah kesehatan yang cukup sering terjadi pada anak-anak. Dampak anemia defisiensi besi dalam jangka panjang dapat mempengaruhi perkembangan dan prilaku anak, meskipun memang banyak faktor lain yang mempengaruhi perkembangan dan prilaku anak.

Anemia Pada Anak

Anemia adalah kondisi dimana kadar haemoglobin (Hb) lebih rendah dari nilai normal berdasarkan usia individu. Di Negara berkembang seperti Indonesia, anemia sebagian besar disebabkan oleh kekurangan zat besi di dalam tubuh (anemia defisiensi besi).

Cara Pengukuran Suhu Tubuh Anak

Demam sering membuat orang tua kawatir. Apalagi jika buah hati kita demam tinggi, tidak jarang membuat orang tua panik dan buru-buru ke dokter. Namun ketika sampai ke ruang periksa dokter dan dokter menanyakan berapa suhu badan di rumah? Kita lupa mengukurnya, hanya diraba terasa panas tinggi.