Home » Kesehatan Wanita

Menstruasi

Menstruasi adalah siklus bulanan keluarnya darah dari liang kemaluan (vagina) pada seorang wanita. Saat menstruasi, lapisan dalam dari dinding rahim luruh. Darah menstruasi mengalir dari dalam rahim melalui leher rahim dan keluar dari dalam tubuh melalui liang kemaluan (vagina). Sebagian besar menstruasi terjadi selama 3-5 hari.

Gangguan Menstruasi

Wanita dapat mengalami berbagai macam masalah mengenai menstruasi, misalnya nyeri saat menstruasi, darah menstruasi terlalu banyak dan terlambat menstruasi. Kali ini akan dibahas secara singkat beberapa gangguan pada menstruasi yang sering terjadi.

Keputihan

Keputihan adalah lendir yang berasal dari liang kemaluan (vagina). Lendir ini dapat bervariasi dalam hal. Keluarnya sedikit lendir dari liang kemaluan (vagina) merupakah hal yang normal, terutama jika bunda masih pada usia reproduksi. Di dalam leher rahim dan vagina terdapat kelenjar yang memproduksi lendir yang bening.

Tumor Jinak Rahim (MIOMA)

Tumor jinak rahim (mioma) merupakan tumor jinak yang berkembang dari jaringan otot rahim. Ukuran, bentuk, dan lokasi tumor jinak rahim dapat sangat bervariasi. Mereka mungkin berada pada bagian dalam rahim, pada permukaan luar atau di dalam dinding rahim, atau bertangkai.

Kista Indung Telur

Kista indung telur adalah kantong yang berisi cairan yang berkembang pada atau dalam indung telur (ovarium). Kista indung telur cukup umum terjadi pada wanita di semua usia. Kista indung telur dapat satu atau lebih dari satu dan mempunyai ukuran yang bervariasi, mulai kurang dari 1 cm hingga lebih dari 10 cm.