Home » Kesehatan Wanita » Kontrasepsi » Kondom Pria

Kondom Pria

Kondom-bundanetKondom merupakan selubung/sarung karet yang dapat terbuat dari berbagai bahan di antaranya lateks (karet), plastik (vinil), atau bahan alami yang dipasang pada alat kelamin pria saat berhubungan seksual.

Cara Kerja

Kondom menghalangi terjadinya pertemuan sperma dan sel telur dengan cara mengemas sperma di ujung selubung karet yang dipasang pada alat kelamin pria sehingga sperma tersebut tidak tercurah ke dalam saluran reproduksi wanita.

Kelebihan

Penggunaan kondom efektif bila digunakan dengan benar, tidak mengganggu produksi ASI, tidak mengganggu kesehatan, tidak perlu resep dokter atau pemeriksaan kesehatan khusus, metode kontrasepsi sementara bila metode kontrasepsi lainnya harus ditunda, murah dan dapat dibeli secara umum. Yang spesifik dari kondom adalah dapat mencegah penularan penyakit menular seksual seperti HIV, sifilis, gonore (kencing nanah), herpes dan klamidia.

Keterbatasan

Keterbatasan dari kondom adalah efektivitasnya tidak terlalu tinggi, cara penggunaan sangat mempengaruhi keberhasilan kontrasepsi, agak mengganggu hubungan seksual (mengurangi sentuhan langsung), harus selalu tersedia setiap kali berhubungan seksual dan pembuangan kondom bekas mungkin menimbulkan masalah dalam hal limbah.

Kondom SESUAI untuk pria yang :

  • Ingin segera mendapatkan alat kontrasepsi
  • Ingin kontrasepsi sementara
  • Ingin kontrasepsi tambahan
  • Hanya ingin menggunakan alat kontrasepsi jika akan berhubungan
  • Berisiko tinggi tertular/menularkan PMS
Kondom TIDAK SESUAI untuk pria yang :

  • Mempunyai pasangan yang berisiko tinggi apabila terjadi kehamilan
  • Alergi terhadap bahan dasar kondom
  • Menginginkan kontrasepsi jangka panjang
  • Tidak mau terganggu dengan berbagai persiapan untuk melakukan hubungan seksual


CARA PENGGUNAAN KONDOM YANG TEPAT

Ada beberapa tips yang perlu diperhatikan dalam menggunakan kondom agar kemungkinan kegagalan akibat salah penggunaan dapat dikurangi, yaitu :

  1. Cara-Buka-Kemasan-kondom-bundanetJangan menggunakan gigi, benda tajam seperti pisau, silet, gunting atau benda tajam lainnya pada saat membuka kemasan karena bisa menyebabkan kebocaran pada kondom.
  1. Kondom dipasang pada saat penis sedang ereksi, tekan penampung sperma dan tempatkan pada lubang kencing, geser gulungan kondom ke arah pangkal penis. Pemasangan ini harus dilakukan sebelum penetrasi penis ke vagina.kondom-bundanet
  2. Sebelum memasang kondom, pastikan posisi cincin berada diluar dan bukan didalam serta kondom harus dipasang hingga pangkal penis.
    kondom_pria_bundanet
  3. Untuk mencegah kondom terlepas didalam vagina maka lepas kondom sebelum penis melembek.
  4. Pegang bagian pangkal kondom sebelum mencabut penis sehingga kondom tidak terlepas pada saat penis dicabut dan lepaskan kondom di luar vagina agar tidak terjadi tumpahan cairan sperma di sekitar vagina.
  5. Gunakan kondom hanya untuk satu kali pakai.
  6. Buang kondom bekas pakai pada tempat yang aman dan jangan buang di kloset.
  7. Hindari penyimpanan di tempat yang panas karena bisa menyebabkan kondom menjadi rusak.
  8. Jangan gunakan minyak goreng, minyak mineral atau pelumas dari bahan petrolatum karena akan segera merusak kondom.
  9. Jangan gunakan kondom apabila kemasannya robek atau kondom tampak rapuh/kusut.

 

Updated: 08/06/2016

Similar posts