Home » Kehamilan » Nutrisi Selama Kehamilan » Makanan Yang Harus Dikonsumsi Saat Hamil

Makanan Yang Harus Dikonsumsi Saat Hamil

Diet sehat sangat penting jika sedang hamil atau saat persiapan kehamilan. Makanan sehat selama kehamilan akan membantu pertumbuhan dan perkembangan janin dan membantu ibu hamil tetap fit dan sehat. Saat hamil ibu akan merasakan lebih lapar dari pada biasanya, tetapi bukan berarti harus makan untuk dua orang walaupun sedang hamil kembar. Biasakan untuk sarapan setiap hari karena hal ini dapat membantu menghindari ngemil yang mengandung banyak lemak dan gula. Gambar di bawah ini menunjukkan jenis dan jumlah makanan yang harus dikonsumsi saat hamil.
nutrisi

Buah dan sayur-sayuran

Selain mengandung vitamin dan mineral, buah dan sayur juga mengandung serat yang membantu pencernaan dan dapat mencegah konstipasi (sulit BAB). Dianjurkan untuk mengkonsumsi buah dan sayur mininal lima porsi baik dalam bentuk segar, beku, kaleng, dikeringkan atau jus. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal dari sayur bisa dikonsumsi mentah (setelah dicuci bersih) atau dimasak tapi tidak terlalu lama.

Daging, ikan, telur, kacang-kacangan dan sumber protein lain selain susu

Sumber protein termasuk daging (kecuali hati), ikan, unggas, telur dan kacang-kacangan. Pilih daging dengan lemak minimal sedangkan unggas sebaiknya kulitnya dibuang. Pastikan telur, unggas, daging, burger dan sosis dimasak dengan matang. Periksa warna daging sudah tidak merah muda sebelum dikonsumsi. Dianjurkan untuk mengkonsumsi ikan dua kali seminggu dimana satu dari dua menu tersebut adalah oily fish seperti salmon, sarden dan makarel.

Makanan dan minuman yang tinggi lemak dan/atau gula

Kelompok makanan ini termasuk lemak, minyak, dressing salad, krim, coklat, kripik, biskuit, kue kering, es krim, cake, puding dan minuman bersoda. Kelompok makanan ini sebaiknya hanya dikonsumsi dengan jumlah sedikit. Gula mengandung kalori tanpa memberikan nutrisi lain yang dibutuhkan tubuh. Konsumsi makanan dan minuman dengan kadar gula tinggi dapat menyebabkan kerusakan gigi terutama bila dikonsumsi diantara waktu makan pokok. Jika dikonsumsi lebih dari yang dibutuhkan maka dapat meningkatkan berat badan. Makanan tinggi lemak juga cepat meningkatkan berat badan. Apalagi jika yang dikonsumsi lebih banyak lemak jenuh maka kolesterol darah akan meningkat dan meningkatkan risiko penyakit jantung. Karena itu dianjurkan untuk konsumsi makanan dengan lemak tidak jenuh dari pada makanan yang mengandung lemak jenuh.

Nasi, roti, kentang, pasta dan makanan yang mengandung tepung

Karbohidrat merupakan sumber makanan yang mengenyangkan tanpa mengandung banyak kalori dan penting untuk sumber vitamin dan serat. Karbohidrat dapat didapatkan dari nasi, roti, kentang, sereal, pasta, gandum, mie, jagung dan ubi. Karbohidrat harus merupakan makanan pokok pada setiap kali makan.

Susu dan produk susu

Susu, keju dan yogurt merupakan sumber makanan yang penting karena mengandung kalsium dan zat gizi lainnya yang dibutuhkan janin. Dianjurkan untuk konsumsi dua hingga tiga porsi sehari, lebih baik bila jenis yang rendah lemak seperti susu skim, yoghurt rendah lemak dan keju dengan lemak yang lebih sedikit.

Updated: 08/06/2016

Similar posts