Home » Menyusui » Manfaat Menyusui Untuk Ibu

Manfaat Menyusui Untuk Ibu

manfaat_menyusui_bundanetMengapa saya harus menyusui? Memang apa manfaatnya untuk Ibu? Manfaat menyusu bukan hanya sangat bermanfaat bagi bayi, namun manfaat yang di dapatkan Bunda juga tidak kalah besarnya. ASI diproduksi secara alami oleh tubuh Bunda untuk memenuhi seluruh kebutuhan bayi. ASI juga merupakan asupan terbaik untuk bayi di awal-awal tumbuh kembangnya. Beberapa riset menunjukkan bahwa menyusui memiliki manfaat sebagai berikut:

  1. Menyusui dapat melangsingkan tubuh. Karena kegiatan menyusui ternyata membutuhkan rata-rata 200-500 kalori perhari. Ini sama dengan aktivitas fisik seperti treadmill selama satu jam, karena bisa membakar kalori sekitar 500 kalori.
  2. Mengurangi berkembangnya resiko kanker payudara sebanyak 25%. Berkurangnya resiko ini juga dipengaruhi oleh lamanya ibu memberikan ASI. Maka, setelah lewat ASI Eksklusif 6 bulan, Bunda tetap bisa memberi ASI yang didampingi dengan Makanan Pendamping ASI (MPASI) hingga anak berusia 2 tahun.
  3. Mengurangi stres. Menurut beberapa penelitian, resiko Baby Blues pada Bunda yang memberikan ASI ke bayinya akan berkurang dibanding pada Bunda yang tidak menyusui. Karena saat menyusui, Bunda mengeluarkan hormon oksitosin yang dapat membuat Bunda jatuh cinta pada bayinya dan meningkatkan rasa percaya dirinya.
  4. Menurunkan angka Hypertensi. Sebuah penelitian tentang itu dilakukan oleh Dr. Alison Stuebe, bersama timnya dan Universitas North Carolina, Carolina, AS, terhadap 56 ribu wanita yang memiliki seorang bayi. Hasilnya, mereka yang menyusui memiliki resiko kecil mengalami Hypertensi, 14 tahun kemudian, dibandingkan yang tidak menyusui.
  5. Bisa berinvestasi. Karena dengan memberi ASI, Bunda jelas akan jauh lebih hemat karena tidak perlu membeli susu formula dan perlengkapan pendukungnya.

 

Updated: 06/06/2016

Similar posts