Home » Menyusui » Pilah Pilih Breast Pad

Pilah Pilih Breast Pad

Saat baru melahirkan, saya mendapatkan hadiah beberapa jenis breast pad dari salah seorang kerabat saya. Apa sebetulnya manfaat dari menggunakan brest pad dan breast pad seperti apa yang nyaman digunakan?memilih-breastpad-bundanet

Breast pad merupakan bantalan yang di desain khusus untuk mencegah ASI merembes keluar dari pakaian kita. Jadi, breast pad sangatlah berguna untuk para Ibu menyusui. Ibu yang menyusui biasanya akan mengalami ASI merembes sehingga membuat Bunda tidak nyaman, apalagi jika harus berjumpa dengan orang lain. Breast pad juga dapat mengurangi noda yang menempel pada pakaian akibat ASI yang merembes. Pemakaian breast pad juga mudah, Bunda hanya tinggal menyelipkannya kedalam bra saja.

Breast pad terbagi menjadi dua tipe, breast pad yang sekali pakai dan breast pad yang dapat di cuci serta dipakai ulang. Pertimbangkan ini sebelum memilih breast pad ya Bun. Breast pad sekali pakai terbuat dari bahan yang sama dengan bahan yang digunakan untuk pembalut wanita ataupun popok bayi. Jika Bunda memiliki kulit yang tidak terlalu sensitif, Bunda boleh memilih menggunakan breast pad yang sekali pakai, namun usahakan rajin untuk menggantinya ya agar kulit tidak iritasi.

  1. Pilih breast pad sesuai dengan kebutuhan, jika Bunda berencana memberikan ASI dalam jangka panjang, pilih lah breast pad yang dapat di cuci (washable) dan dipakai kembali.
  2. Pilih breast pad sesuai ukuran payudara Bunda.
  3. Pilih yang memiliki tekstur lapisan lembut agar tidak menimbulkan iritasi saat bersentuhan dengan payudara.
  4. Pilihlah breast pad yang memiliki daya serap tinggi.
  5. Jika untuk digunakan dirumah, Bunda bisa memilih breast pad yang memiliki bantalan yang menyatu dengan bra, atau biasa disebut breast holder.

Gantilah setiap kali Bunda merasa breast pad yang digunakan telah basah oleh ASI, hal ini untuk mencegah bau dan bakteri yang muncul akibat ASI yang mengendap. Karena ASI mengandung banyak lemak yang jika dibiarkan mengendap terlalu lama dan mengering, ini dapat menyebabkan breast pad sulit di bersihkan. Cara mencucinya pun harus di perhatikan ya Bun, hindari menggunakan pelembut dan pewangi pakaian karena pelembut dan pewangi pakaian tersebut dapat mengendap dan merusak kemampuan breast pad.

Updated: 06/06/2016

Similar posts