Home » Menyusui » Memilih Wadah Penampung ASI

Memilih Wadah Penampung ASI

Banyak wadah penampung ASI Perah yang dijual di pasaran. Sebaiknya pilih yang mana yaa? Berikut ada beberapa wadah penampung ASI yang biasa digunakan para Bunda untuk menyimpan ASI Perahnya.

Jenis tempat penyimpanan ASI Perah dapat dibagi berdasarkan waktu penyimpanannya.

 

  • Plastik Berbahan Dasar Tebal

plastik_asi_bundanetASI Perah aman disimpan dalam kantong plastik khusus atau lebih sederhana lagi kantong plastik makanan. Namun pastikan, kantong plastic makanan tersebut berlabel food grade ya Bun. Plastik berbahan dasar tebal dapat dipakai untuk menyimpan ASI namun hanya dapat dipakai satu kali dan mudah bocor, sehingga Bunda perlu melapisi dengan wadah lain lagi.

 

  • Botol Kaca Dengan Tutup Karet

Botol Penyimpanan ASI dengan bahan kaca dengan tutup karet, baik botol_kaca_asi_bundanetdigunakan pada saat menyimpan ASI. Biasanya menyimpan ASI dengan botol kaca dapat bertahan lebih lama dibandingkan dengan plastik karena tidak mudah terkontaminasi. Selain itu juga lebih aman karena tidak mudah bocor.

 

 

 

  • Botol Kaca Dengan Tutup Berbahan Plastik

Botol kaca dengan tutup berbahan plastik juga sama amannya dengan botol_kaca_asi_tutup_plastik_bundanetbotol kaca penyimpan ASI dengan tutup berbahan karet, botol kaca ASI juga dapat digunakan dalam waktu lama dan tidak mudah bocor. Selain itu juga dapat menghemat tempat.

 

Untuk memilih wadah penyimpanan ASI Perah, ada baiknya pilihlah wadah penampung ASI yang terbuat dari kaca, seperti Botol Kaca Penampung ASI. Berikut beberapa alasan memilih botol kaca untuk menyimpan ASI Perah:

  1. Botol penampung ASI yang berbahan dasar kaca lebih mudah dibersihkan daripada botol plastik, botol kaca lebih mudah di cuci, di sterilisasi, dihangatkan dengan warmer dan disimpan dalam freezer. Botol plastik juga memiliki kemungkinan bisa berubah bentuk karena direbus dalam air mendidih.
  2. Lemak ASI tidak menempel pada botol kaca, jadi mudah dibersihkan dengan sabun cuci dan dibilas dengan air bersih yang mengalir.
  3. Botol kaca tak mudah tergores dan berubah warna.
  4. Botol kaca bisa digunakan berulang kali, yang itu artinya lebih hemat karena tidak perlu membeli berulang kali

 

Referensi:

  1. Modul Pelatihan Konseling Menyusui Perinasia
  2. International Breastfeeding Centre – dr. Jack Newman (www.nbci.ca)

 

Updated: 26/07/2016