Home » Menyusui

Syarat Pendonor ASI

Dapat memberikan ASI secara eksklusif merupakan keinginan setiap ibu yang menyusui anaknya. Bagi ibu yang memiliki produksi ASI yang banyak bahkan cenderung berlebihan, tentu memiliki keinginan untuk dapat menjadi pendonor ASI. Lalu bolehkah sebetulnya mendonorkan ASI jika kita memiliki produksi ASI yang berlebih?

Tips Menyapih Anak

Jika saat ini Bunda sedang menyusui, mungkin akan timbul pertanyaan pada benak Bunda. Kapan waktu terbaik untuk menyapih anak? Bagaimana caranya menghindari pembengkakan saat sudah tidak menyusui lagi? Anak dianggap disapih saat ia berhenti menyusu dan mendapatkan semua kebutuhan nutrisi dari sumber selain payudara. Berhenti menyusui bukan tanda berhentinya ikatan batin antara Bunda dan anak yang telah terjalin melalui menyusui. Menyapih merupakan kegiatan merawat dan memberi makan anak dengan cara yang berbeda.

Depresi Pasca Melahirkan

Proses persalinan tidak hanya melahirkan seorang bayi, tapi juga “melahirkan” seorang Ibu. Menjadi seorang Ibu baru dan memiliki bayi yang harus di asuh membuat Bunda mengalami banyak perubahan, seperti perubahan jam tidur, perubahan waktu makan, perubahan waktu mandi atau mengalami kesakitan pada payudara yang disebabkan oleh belum tepatnya posisi menyusui. Sebuah studi yang dilakukan pada 10.000 ibu dengan bayi yang baru lahir, ditemukan bahwa 1 dari 7 mengalami depresi pasca melahirkan.

Perubahan Suasana Hati Pasca Melahirkan (Post Partum Blues)

Sebagai ibu baru, Bunda tentu akan menghadapi banyak tantangan baru seperti mengemban tanggung jawab baru, perubahan gaya hidup, perubahan jam tidur serta pergeseran jam makan atau bahkan merasakan nyeri pada payudara jika Bunda menyusui tanpa adanya bimbingan. Perubahan tersebut mungkin akan membuat Bunda merasa lelah, cemas, sedih dan terperangkap dalam kebingungan. Bahkan pada beberapa wanita akan menangis karena hal-hal yang biasanya tidak akan mengganggu mereka. Semua perasaan tersebut adalah sesuatu yang normal selama beberapa minggu pasca melahirkan dan sebanyak 40 hingga 80 persen ibu baru akan mengalami perubahan suasana hati pasca melahirkan.

7 Kontak Laktasi Plus

Menyusui merupakan sesuatu yang alamiah, namun harus dipelajari. Banyak para calon orangtua yang berpikir “kan belum ada bayinya, untuk apa konsultasi dengan konselor laktasi?” atau “nanti saja konseling dengan konselor laktasi kalau ada masalah”.

Berpuasa Saat Menyusui

Bagi Ibu menyusui yang ingin ikut berpuasa, dianjurkan saat bayi telah berusia lebih dari enam bulan atau telah selesai masa ASI Eksklusif, dimana bayi telah mendapatkan asupan nutrisi selain ASI yaitu Makanan Pendamping ASI (MPASI). Lalu, jika seorang Ibu menyusui ingin ikut berpuasa Ramadhan, amankah untuk sang bayi? Bagaimana cara berpuasa bagi Ibu menyusui yang baik dan sehat?

Menyimpan ASI Dengan Metode FIFO, LIFO Atau WIN-WIN?

Di era globalisasi seperti ini, wanita pun secara tidak langsung dituntut untuk dapat berkarya dan menjadi bagian dari perubahan tersebut. Untuk itulah, kini banyak wanita yang juga bekerja di luar rumah. Bagi mereka yang telah memahami betul betapa dahsyatnya manfaat ASI, tentu akan memaksimalkan pemberian ASI bagi buah hati mereka hingga minimal 2 tahun. Lalu bagaimana agar meski harus berkarier di luar rumah, mereka tetap dapat memberikan ASI bagi bayi mereka? Metode apa yang dapat digunakan untuk memberikan ASI agar kualitas ASI tetap terjaga? FIFO, LIFO atau WIN-WIN?

Bayi Menolak Menyusu (Nursing Strike)

Bayi menolak menyusu atau nursing strike merupakan keadaan dimana bayi tiba-tiba menolak menyusu di payudara setelah sebelumnya tidak ada masalah selama proses menyusui. Penolakan oleh bayi merupakan alasan umum untuk berhenti menyusui, akan tetapi kondisi ini sering kali dapat diatasi.

Efek Negatif Penggunaan Dot Pada Bayi

Dalam Sepuluh Langkah Menuju Keberhasilan Menyusui (LMKM) yang dicanangkan WHO dan UNICEF pada langkah ke 9 yaitu “Tidak Memberikan dot atau empeng kepada bayi”. Langkah ini dimaksudkan agar semua bayi yang menyusu akan selalu mendapatkan ASI dan tidak akan terganggu proses menyusunya dengan penggunaan dot atau empeng.

Bingung Puting

Seorang bayi dikatakan mengalami bingung puting ketika ia mengalami kesulitan untuk melekat di payudara dan menghisap ASI karena sebelumnya ia telah terbiasa menggunakan dot untuk mendapatkan susu. Bagi seorang bayi, menghisap dot akan dirasa berbeda dengan menghisap payudara. Hal ini dikarenakan menyusui di payudara membutuhkan koordinasi sekitar 40 otot wajah, lidah, langit – langit, dan gusi, sedangkan menyusu dari botol dot lebih bersifat pasif, tergantung pada tingkat kemiringan botol, besarnya lubang dan ketebalan karet dot.

10 Langkah Menuju Keberhasilan Menyusui

Memberikan ASI merupakan langkah efektif dalam mencegah kematian pada bayi. Namun ada banyak hambatan untuk menyusui, diantaranya kurangnya pengetahuan masyarakat tentang manfaat ASI serta kurangnya dukungan dari keluarga dan tidak adanya peraturan yang jelas bagi tenaga kesehatan mengenai kewajibannya untuk mendukung pemberian ASI Eksklusif. 10 Langkah Menuju Keberhasilan Menyusui atau biasa disebut LMKM ini dibuat sebagai komitmen Fasilitas Kesehatan yang diusung bersama sama masyarakat untuk mensukseskan menyusui.

Etika Menjenguk Bayi

Saat kita mendapat kabar bahwa salah satu anggota keluarga atau teman kita baru saja melahirkan, tentu kita ingin segera menengoknya untuk memberikan selamat dan ingin melihat bayi yang baru saja dilahirkan. Namun sebelum itu, ada baiknya kita perhatikan ini dulu yuk, karena menjenguk bayi dan ibu yang baru melahirkan itu ada “rules” nya lho.

Ciri – Ciri Tenaga Kesehatan Yang Tidak Pro ASI

Salah satu penghambat terbesar dalam proses menyusui terkadang justru datang dari fasilitas kesehatan yang belum memiliki aturan tegas dan kurangnya pengetahuan tenaga kesehatan dalam mendukung proses menyusui. Berikut ciri-ciri tenaga kesehatan yang tidak mendukung ASI.

Abses Payudara

Abses payudara merupakan kumpulan nanah yang terbentuk di payudara. Kebanyakan abses berkembang hanya di bawah kulit dan disebabkan oleh infeksi bakteri. Abses payudara sering dikaitkan dengan mastitis. Mastitis sendiri merupakan kondisi yang menyebabkan nyeri pada payudara yang disebabkan karena pembengkakan (Bendungan ASI karena pengosongan payudara yang tidak sempurna).

Mastitis (Radang Kelenjar Payudara)

Proses menyusui merupakan proses yang di nanti-nanti para ibu yang telah mengalami proses kehamilan. Namun terkadang, ada beberapa tantangan yang harus dihadapi pada saat proses menyusui. Salah satunya adalah Mastitis. Mastitis adalah suatu kondisi yang menyebabkan jaringan payudara wanita untuk menjadi menyakitkan dan meradang. Ini yang paling umum di alami oleh wanita menyusui, biasanya terjadi dalam tiga bulan pertama setelah melahirkan. Jika mastitis disebabkan oleh menyusui, dokter mungkin menyebutnya sebagai mastitis laktasi atau mastitis puerperalis. Wanita tidak menyusui sering memiliki jenis yang disebut periductal mastitis.

Saluran ASI Tersumbat

Saluran ASI yang tersumbat biasanya terjadi pada salah satu payudara. Namun, ada pula ibu menyusui yang mengalami pada kedua payudara sekaligus. Kondisi ini sering disebut dengan istilah blocked duct atau plugged duct. Saluran tersumbat hampir selalu dapat terselesaikan tanpa pengobatan khusus antara 24 hingga 48 jam setelah terjadi.

Bendungan ASI

Beberapa dari kasus pembengkakan ringan pada payudara biasanya merupakan tanda bahwa menyusui tidak berjalan dengan baik. Bendungan ASI (Engorgement) merupakan pembendungan Air Susu Ibu karena penyempitan Duktus Laktiferus atau oleh kelenjar - kelenjar ASI yang tidak dikosongkan dengan sempurna atau karena kelainan pada puting susu, payudara yang membengkak ini biasanya terjadi sesudah melahirkan pada hari ketiga atau ke empat. Hal ini dapat dicegah dengan memastikan bayi melekat dengan baik sedari awal menyusui.

Mitos – Mitos Tentang Menyusui

Hidup di Negara yang memiliki berbagai macam suku, agama dan ras terkadang membuat kita mau tidak mau dikelilingi oleh mitos – mitos yang telah terlanjur berkembang di masyarakat sejak lama. Berikut ini beberapa mitos yang tidak benar mengenai ASI dan Menyusui:

Mengapa Menyusui Penting

Saat kita mengetahui apa alasan dan manfaat dari menyusui, tentu semua Bunda akan dengan senang hati akan melakukannya tanpa harus merasa berat menjalani prosesnya. Seperti yang sudah kita ketahui selama ini, menyusui tak hanya bermanfaat untuk bayi namun juga untuk Bunda.

Memilih Wadah Penampung ASI

Banyak wadah penampung ASI Perah yang dijual di pasaran. Sebaiknya pilih yang mana yaa? Berikut ada beberapa wadah penampung ASI yang biasa digunakan para Bunda untuk menyimpan ASI Perahnya.

Cara Menyusui Bayi Kembar

Siapa yang tak bahagia jika dikaruniai dua buah hati sekaligus (kembar), namun muncul pertanyaan “Bagaimana cara menyusui bayi kembar tersebut?”. Pada prinsipnya menyusui bayi kembar tak jauh berbeda dengan menyusui bayi tunggal. Hanya berbeda pada memposisikan tubuh bayi kembar pada saat menyusui saja, perlekatan mulut bayi dengan payudara Bunda tetap sama seperti bayi tunggal.

Mengenal Lebih Jauh Kolostrum ASI

Sering mendengar tentang kolostrum, namun apa itu kolostrum? Apa fungsinya? Kolostrum adalah ASI stadium I dari hari pertama sampai hari keempat. Setelah persalinan komposisi kolostrum mengalami perubahan. Kolostrum berwarna kuning keemasan yang disebabkan oleh tingginya komposisi lemak dan sel-sel hidup. Kolostrum memiliki kadar protein yang lebih tinggi dari ASI.

Menyusui Bayi Adopsi

Saya akan mengadopsi bayi, mungkinkah saya bisa memberinya ASI meski tak hamil? Bukan hanya mungkin, bahkan ada kemungkinan Bunda akan menghasilkan ASI yang cukup. Memang akan berbeda dengan menyusui bayi yang telah Bunda kandung selama beberapa bulan. Memberikan ASI untuk bayi adopsi memang tak semudah memberikan ASI oleh Bunda yang melewati proses kehamilan

Produksi ASI Sedikit? Power Pumping Yuk!

Porsi bayi saya meminum susu sudah 60-70 cc, namun hasil saya memompa ASI hanya 20 cc, padahal itu sudah memompa di kedua payudara selama 30 menit. Saya jadi sering mengalami kekecewaan setiap kali selesai memompa. Apakah ASI saya kurang untuk bayi saya? Bagaimana ya solusinya? Apa yang harus saya lakukan?

Stimulasi Yang Dipelajari Bayi Saat Menyusu

Banyak manfaat menyusui yang telah kita ketahui baik untuk Bayi maupun bagi Bunda sendiri. Menyusui tidak hanya memberikan nutrisi terbaik bagi bayi, namun saat menyusui terdapat proses “belajar” yang diterima oleh Bayi. Apa saja yang dipelajari bayi saat proses menyusui?

Bahas Perbedaan Foremilk Dan Hindmilk, Yuk!

Kenapa yaa terkadang ASI ku encer dan kadang ASI ku berwarna putih kental? Gimana yaa caranya agar ASI ku selalu kental? Pertanyaan ini yang biasanya di tanyakan para Bunda kepada kami. Masih banyak Bunda diluar sana yang berpikir bahwa ASI yang baik adalah ASI yang kental dan ASI yang kental cenderung dapat membuat bayi menjadi kenyang. Struktur ASI tidak sesederhana yang kita kira.

Cara Memerah ASI Dengan Tangan

Setelah Bunda merasa sudah mulai lancar menyusui, timbul keinginan untuk memerah ASI agar Bunda memiliki ASI cadangan yang dapat digunakan saat Bunda mulai beraktifitas di luar rumah. Kapan sebaiknya mulai memerah ASI? Bila Bunda tidak mengalami payudara membengkak yang disebabkan oleh bendungan ASI, memerah atau menabung ASI sebaiknya dilakukan bila kenaikan berat badan bayi

Ibu Dengan Hepatitis B Bolehkah Menyusui?

Bagaimana peran ASI dalam penularan Hepatitis B? Seringkali kita jumpai pertanyaan “Bolehkah Ibu dengan Hepatitis B memberikan ASI pada bayinya?”. Sebelum kita membahas lebih jauh, kita pelajari Hepatitis B dulu yuuk. Penting untuk di ketahui bagaimana epidemiologi hepatitis B, kemungkinan-kemungkinan yang terjadi apabila seseorang terinfeksi virus hepatitis B, bagaimana cara penularan

Membawa ASI Ke Kabin Pesawat

Terkadang ada kalanya Bunda harus bepergian ke luar kota atau bahkan ke luar negeri untuk urusan mendesak atau urusan pekerjaan, sedangkan Bunda masih meyusui bayi. Berdasarkan pasal 3 ayat 2, peraturan Dirjen Perhubungan Udara 43/2007 obat-obatan medis, makanan/ minuman/ susu bayi dan makanan/ minuman penumpang untuk program diet khusus, tidak diperlakukan

Tips Memilih Pompa ASI

Semakin mudahnya akses informasi yang didapat, kini makin banyak Bunda yang paham betapa banyaknya manfaat yang didapat memberikan ASI, baik bagi Bayi maupun bagi Bunda sendiri. Agar si buah hati tetap mendapatkan asupan ASI, Bunda perlu memompa ASI untuk menjaga pasokan ASI untuk bayi. Banyak juga wanita yang memerah ASI-nya untuk mengurangi pembengkakan

Inisiasi Menyusu Dini Dalam Berbagai Kondisi

Saat Bunda terpaksa harus menjalani operasi Caesar untuk melahirkan buah hati, muncul pertanyaan “Apakah saya masih dapat melakukan IMD?”. Pada prinsipnya Inisiasi Menyusu Dini (IMD) tetap dapat dilakukan jika Bunda terpaksa tidak dapat melahirkan normal. IMD tetap dapat dilakukan meski bayi dilahirkan dengan cara Operasi Caesar, Ekstraksi Vakum ataupun dengan Forcep.

Manfaat Menyusui Untuk Ibu

Mengapa saya harus menyusui? Memang apa manfaatnya untuk Ibu? Manfaat menyusu bukan hanya sangat bermanfaat bagi bayi, namun manfaat yang di dapatkan Bunda juga tidak kalah besarnya. ASI diproduksi secara alami oleh tubuh Bunda untuk memenuhi seluruh kebutuhan bayi. ASI juga merupakan asupan terbaik untuk bayi di awal-awal tumbuh kembangnya.

Pilah Pilih Breast Pad

Saat baru melahirkan, saya mendapatkan hadiah beberapa jenis breast pad dari salah seorang kerabat saya. Apa sebetulnya manfaat dari menggunakan brest pad dan breast pad seperti apa yang nyaman digunakan? Breast pad merupakan bantalan yang di desain khusus untuk mencegah ASI merembes keluar dari pakaian kita.

Mengatasi Aliran ASI Yang Terlalu Deras

Aliran ASI yang terlalu deras terkadang menjadi tantangan tersendiri bagi seorang Ibu, karena ketika menyusu bayi akan sering tersedak yang disebabkan terlalu derasnya ASI yang keluar. Bagaimana solusinya? Posisi menyusui yang sesuai dengan masalah hyperlaktasi ini adalah Mengatasi aliran asi yang derasposisi Bunda setengah tidur kemudian letakkan bayi secara tengkurap di dada Bunda.

IMD (Inisiasi Menyusu Dini)

Inisiasi Menyusui Dini (IMD) merupakan sebuah usaha untuk memberikan kesempatan pada bayi untuk mulai menyusu segera setelah bayi dilahirkan. Begitu lahir, bayi tidak dipisahkan, tetapi langsung diletakkan didada Bunda. Hal tersebut penting karena merupakan satu hal yang menentukan keberhasilan proses menyusui, karena bayi belajar mengisap dan melekat pada payudara sejak dini.

Ciri – Ciri Rumah Sakit Pro ASI

Saat mendapati bahwa ternyata Bunda telah positif hamil, tentu Bunda dan pasangan akan sangat berbahagia. Banyak yang Bunda dan pasangan telah rencanakan menyambut kehamilan tersebut, salah satunya adalah ingin memberikan ASI Eksklusif dan melakukan Inisiasi Menyusu Dini (IMD). Kemudian timbul pertanyaan, Rumah Sakit mana ya yang betul-betul Pro ASI

Rasa ASI Kayak Apa sih ?

Rasa ASI Kayak Apa Sih?” siapa yang sering bertanya-tanya seperti itu? Tentu buanyaaak sekali yang penasaran dengan rasa ASI, bahkan mungkin ada yang nekat mencicipi ASI untuk tahu rasanya, bukaan? Hayoo ngakuu.. biar ga makin banyak yang salah persepsi tentang rasa ASI, kita bahas yaa

Manajemen ASI Perah

Haloooo Bunda, menyambung artikel yang sebelumnya, kali ini BundaNet akan membahas tentang penyimpanan ASIP (ASI Perah). Ini penting sekali, karena ASI yang sudah diperah akan terbuang sia-sia jika kita tidak mengetahui bagaimana cara penyimpanannya.

Ibu Bekerja dan ASI

Kita semua tentu tahu bahwa menyusui di Indonesia itu penuh tantangan dan perlu perjuangan. Menyusui memang relatif mudah dan praktis jika diberikan langsung dari payudara kepada bayi. Tetapi lain ceritanya jika ibu bekerja di luar rumah dan sudah harus aktif kembali segera setelah cuti melahirkan selesai, dan bayi masih diberikan ASI Eksklusif.

Posisi Dasar Menyusui

Kebanyakan Bunda sangat mampu menyusui bayi mereka secara eksklusif selama 6 bulan. Bahkan kenyataannya kebanyakan ibu memproduksi ASI lebih dari cukup. Agar menyusui dapat dilakukan dengan baik dan benar, mengawali dengan cara terbaik sejak hari pertama dapat memberikan hasil yang sangat berbeda.

Tanda Bayi Cukup ASI

Apakah bayi saya mendapatkan cukup ASI?. Tentu pertanyaan ini sering muncul dibenak Bunda saat menyusui. Ini merupakan sesuatu yang baik! Kita memang harus mengetahui apakah bayi mendapatkan cukup ASI. Kebiasaan masyarakat yang berpatok pada angka sering membuat Bunda khawatir tentang jumlah ASI yang diperoleh bayi. Namun ada beberapa cara untuk mengetahui bayi

Tanda Bayi Lapar

Setiap bayi memiliki cara berbeda untuk menunjukkan kalau ia merasa lapar. Namun, lama kelamaan, Bunda akan semakin mahir untuk mengenali bahwa bayinya mulai lapar. Tanda-tanda bayi lapar biasanya berupa : Mulut, bibir, dan lidah bergerak, misalnya membuat gerakan mengisap; membuka dan menutup mulut; menjulurkan lidah.

Hal-hal Yang Dapat Mempengaruhi Produksi ASI

Memberikan ASI eksklusif terkadang tidak selamanya berjalan dengan lancar. Bahkan sensasinya seperti naik rollercoaster, kadang “naik” kadang “turun”, tak jarang banyak Bunda yang mengalami kesulitan dan tantangan selama proses meyusui.

Proses Produksi Asi

Mungkin belum banyak yang tahu bahwa mengosongkan ASI dari payudara sama saja seperti menguras sungai mengalir.Sesuatu yang mustahil dilakukan. Karena ASI akan terus mengalir sementara ASI itu sendiri dikeluarkan. Nah supaya Busui (Ibu Menyusui) lebih yakin atau percaya diri atau PEDE dengan ASI-nya, yuk kita cari tahu gimana caranya ASI dibuat!

Anatomi Payudara

Setiap manusia baik perempuan maupun laki-laki memiliki payudara, akan tetapi berbeda fungsi dan pengaruh hormonalnya. Anatomi payudara yang matang merupakan tanda pertumbuhan seks sekunder untuk seorang gadis saat memasuki pubertas.