Home » Kehamilan » Keluhan Selama Kehamilan » Nyeri Ligamentum Rotundum

Nyeri Ligamentum Rotundum

nyeri-ligamentum-rotundum-bundanetNyeri ligamentum rotundum bisa sangat mengganggu tetapi biasanya akan hilang setelah beberapa menit. Ligamentum rotundum merupakan salah satu dari beberapa ligamen yang menahan rahim tetap pada tempatnya dalam perut. Ligamentum ini merupakan struktur seperti tali setebal kurang dari setengah sentimeter pada saat sebelum hamil di mana saat itu rahim masih sebesar buah pir.

Saat rahim makin membesar dan makin berat maka ligamentum penyangga akan menjadi lebih panjang, lebih tebal dan lebih tegang dan meregang seperti pita karet.

Jika bunda bergerak tiba-tiba maka ligamentum rotundum dapat meregang menyebabkan nyeri pada daerah panggul bawah atau sela paha.

otot_ligamen_bundanet Bunda dapat terbangun di malam hari akibat nyeri ini setelah berguling-guling saat tidur. Nyeri juga bisa dipicu oleh olah raga. Nyeri ligamentum rotundum dapat berkurang saat kehamilan makin berlanjut. Nyeri seharusnya hilang setelah melahirkan.

Pencegahan dan Penanganan Nyeri Ligamentum Rotundum

Walaupun nyeri ligamentum rotundum menyebabkan ketidaknyamanan tetapi hal ini termasuk perubahan normal yang terjadi saat kehamilan. Beberapa hal yang dapat dilakukan untuk meredakan nyeri ligamentum rotundum antara lain :

  • Hindari perubahan posisi secara mendadak. Duduk dan berdirilah lebih perlahan.
  • Duduk atau berbaringlah saat nyeri muncul.
  • Kompres hangat pada daerah yang nyeri.

Kapan harus memeriksakan diri ke dokter?

Konsultasi ke dokter bila nyeri dirasakan sangat berat. Beberapa nyeri perut dapat disebabkan oleh kondisi yang lebih serius, misalnya kehamilan diluar rahim (kehamilan ektopik), pecahnya kista indung telur (ovarium) atau apendisitis (usus buntu).

Konsultasi ke dokter bila keluhan nyeri disertai dengan demam, menggigil, kehilangan nafsu makan, nyeri saat berkemih atau perdarahan dari vagina

Similar posts