Home » Kehamilan » Olahraga Selama Kehamilan » Olahraga Yang Aman Saat Hamil

Olahraga Yang Aman Saat Hamil


J
enis dan intensitas olah raga yang bunda lakukan selama kehamilan tergantung pada kondisi kesehatan dan seberapa aktif Bunda sebelum hamil. Olahraga yang aman untuk ibu hamil yang tidak pernah berolah raga adalah :

  • Berjalan Merupakan salah satu latihan jantung yang paling baik uOlahraga-Yang-Aman-Saat-Hamil-bundanetntuk wanita hamil dan mampu menjaga stamina tanpa mengganggu lutut dan pergelangan kaki. Aman dilakukan selama 9 bulan kehamilan dan dapat dilakukan setiap hari.
  • Berenang
    Merupakah olahraga yang baik karena melibatkan banyak otot besar. Dengan berada di dalam air, badan akan mengapung sehingga bisa menghindari cedera dan kejang otot selain itu akan membuat tubuh tetap dingin.
  • Sepeda
    Memberikan latihan aerobik yg baik tetapi kehamilan akan mempengaruhi keseimbangan sehingga harus berhati-hati. Karena itu pada kehamilan lanjut sebaiknya menggunakan sepeda statis.
  • Aerobik
    Merupakan latihan yang baik untuk menjaga jantung dan paru tetap kuat. Disarankan untuk mengikuti kelas aerobik yang di peruntukkan ibu hamil. Aerobik low impact dan aerobik dalam air merupakan latihan yang baik. Karena dilakukan dengan banyak orang, bunda akan menjadi lebih konsisten dan bersemangat untuk mengikuti latihan.

Olah raga lain, jika dilakukan dengan intensitas sedang, aman dilakukan pada wanita yang sudah melakukan olah raga ini sebelum hamil dan ingin melanjutkannya saat hamil, misalnya berlari, badminton atau tenis dan angkat beban. Konsultasi dengan dokter untuk memastikan keamanan dan melakukan olah raga ini saat hamil. Badminton atau tenis saat ukuran perut makin besar sebaiknya dipertimbangkan lagi karena perubahan keseimbangan dapat meningkatkan risiko terjatuh dan cedera.

Olah raga yang harus dihindari saat hamil terutama olah raga yang melibatkan banyak kontak fisik seperti sepak bola dan bola basket, olah raga pada ketinggian (ski es) atau menyelam serta olah raga dengan risiko besar untuk terjatuh seperti gymnastic, ski air dan berkuda. Jika bunda adalah atlit maka harus berkonsultasi lebih lanjut dengan dokter olah raga maupun dokter kandungan.

Updated: 08/06/2016

Similar posts