Home » Kehamilan » Melahirkan » Pendamping Persalinan – Apa Yang Bisa Saya Lakukan ?

Pendamping Persalinan – Apa Yang Bisa Saya Lakukan ?

Pendamping-Persalinan-bundanetSetiap wanita yang sedang menjalani proses melahirkan pasti menginginkan dukungan dari semua orang yang terdekat. Mengingat proses melahirkan merupakan proses yang panjang dan melelahkan baik fisik maupun mental. Pengaruh orang terdekat sangat jelas terasa baik dalam memilih rencana persalinan maupun saat menjalani proses melahirkan. Pendamping persalinanlah yang sangat berperan terutama di saat kondisi bunda pada titik terendah saat menjalani persalinan. Mungkin saja saat itu bunda sudah menyerah dan ingin mengakhiri persalinan secara seksio sesarea tapi dengan dukungan dari pendamping persalinan, bunda tidak menyerah dan terus melanjutkan proses melahirkan secara normal. Karena itu penting sekali untuk menyatukan dan menyamakan visi bunda dengan pendamping persalinan.

Orang yang mendampingi melahirkan bisa saja suami, orang tua, saudara kandung atau teman. Apapun aturan lain anda, tugas anda sebagai pendamping persalinan adalah untuk memberikan dukungan kepada calon ibu baik dukungan fisik maupun emosional selama proses persalinan dan melahirkan. Di bawah ini akan dijelaskan beberapa cara yang dapat anda lakukan untuk membantu calon ibu untuk melewati setiap fase dari proses persalinan.

Selama fase laten

  1. Perhatikan kontraksimenghitung-kontraksi-persalinan-bundanet
    Catat waktu mulai dan selesainya tiap kontraksi. Jika kontraksi sudah terjadi tiap 5 menit, biasanya sudah waktunya untuk berangkat ke tempat melahirkan.
  1. Jaga agar calon ibu tetap tenang
    menenangkan-ibu-saat-bersalin-bundanetSaat kontraksi terjadi, kalian berdua mungkin akan merasa cemas. Tetapi, hal ini adalah waktu yang ditunggu-tunggu selama sembilan bulan. Selama persalinan, tujuan anda adalah untuk menjaga calon ibu tetap rileks. Karena itu anda harus berusaha untuk setenang mungkin. Tarik napas dalam-dalam bersama-sama. Diantara waktu kontraksi, latihan teknik relaksasi yang anda pelajari di kelas persiapan melahirkan. Sebagai contoh, sarankan calon ibu untuk melemaskan otot-ototnya atau konsentrasi untuk melemaskan rahang dan tangannya. Berikan pijatan ringan pada punggung, kaki atau bahu. Berikan keyakinan dengan kata-kata dan tindakan anda bahwa kalian berdua sudah siap untuk mendapatkan bayi ini.
  1. Alihkan perhatiannya
    Bantu calon ibu mengalihkan perhatiannya dengan melakukan aktifitas – misalnya menonton televisi atau menemaninya berjalan – hal ini akan membantu menghilangkan pikiran tentang persalinan. Humor juga bisa menjadi pengalih perhatian yang baik juga. Bila memungkinkan, lakukan candaan dan tertawa bersama.
  1. Tanyakan apa yang ia butuhkan
    Jika anda tidak yakin apa yang anda harus lakukan sebagai pendamping persalinan, tanyakan padanya apa yang bisa membuat ia menjadi lebih nyaman. Jika ia tidak yakin apa yang ia butuhkan, lakukan yang terbaik untuk menyarankan sesuatu yang anda pikir dapat membuat ia merasa lebih baik. Tetapi jangan tersinggung jika ia tidak ingin melakukan apa yang anda sarankan atau ia tetap fokus pada kontraksi.
  1. Berikan semangat
    Berikan dorongan semangat dan pujian pada setiap kontraksi. Ingatkan ia bahwa setiap selesai kontraksi, dan dengan makin berlalunya waktu, ia akan makin dekat untuk bertemu dengan bayi. Yang tidak boleh anda lakukan adalah mengkritiknya atau berpura-pura bahwa nyeri itu tidak nyata. Ia membutuhkan empati dan dukungan anda, walaupun ia tidak menuntut hal itu.
  1. Perhatikan pula diri anda
    Untuk menjaga kekuatan anda, lakukan penyegaran secara berkala. Tetapi hargai calon ibu jika ia tidak menginginkan anda untuk makan di depannya atau untuk meninggalkannya untuk jangka waktu lama. Jika anda merasa ingin pingsan kapanpun saat proses persalinan, duduklah, dan beritahu petugas kesehatan tentang kondisi anda.

Selama fase aktif

  1. Buat ruangan tetap tenang
    Jika memungkinkan, jaga ruang melahirkan setenang mungkin dengan menjaga pintu selalu tertutup dan lampu diredupkan. Beberapa wanita akan merasa lebih rileks jika mendengar musik lembut selama persalinan.
  1. Bantu calon ibu selama kontraksi
    Belajar untuk mengenali kapan kontraksi mulai ia rasakan. Jika ia sedang dilakukan pemeriksaan kardiotokografi, tanyakan ke petugas kesehatan bagaimana cara membacanya. Atau letakkan tangan anda di perutnya dan rasakan adanya tanda rahim yang mengeras. Anda bisa mengingatkan calon ibu jika kontraksi mulai terjadi. Anda juga bisa memberikan semangat pada tiap puncak kontraksi hingga kontraksi mereda. Jika bisa membantunya, bernapaslah bersama dengannya untuk melewati kontraksi yang berat. Coba untuk membuat ia lebih nyaman dengan melakukan pijatan pada perutnya atau pinggang bawah atau dengan menggunakan teknik lainnya yang pernah dipelajari. Beberapa wanita memilih untuk tidak disentuh selama persalinan, jadi tunggu petunjuk dari calon ibu. Jika ia tidak nyaman, sarankan untuk mengganti posisi atau berjalan – jika mungkin – untuk membantu mempercepat persalinan. Tawarkan air atau potongan es, jika ia menginginkan. Lap dahi calon ibu dengan kain dingin dan lembab, jika ia menyukainya.
  1. Menjadi penasihat
    Berusahalah untuk menjadi jembatan antara calon ibu dan petugas kesehatan. Jangan takut untuk bertanya tentang kemajuan persalinan atau meminta penjelasan tentang berbagai prosedur atau pemberian obat yang diperlukan. Jika ia meminta obat penghilang nyeri, diskusikan pilihan penghilang nyeri dengan petugas kesehatan, bisa secara terbuka atau tertutup. Ingat : Melahirkan bukanlah tes seberapa mampu untuk menahan nyeri. Bukan berarti gagal dalam proses melahirkan jika ia memilih obat penghilang nyeri.
  1. Terus berikan semangat
    Saat calon ibu memasuki fase aktif, ia mungkin akan merasakan lelah dan tidak nyaman dan mungkin gelisah. Seperti pada fase laten, berikan dukungan dan semangat dengan mengatakan hal-hal seperti : “kamu hebat sudah melewati kontraksi itu,” atau “kamu hebat! saya sangat bangga padamu.”
  1. Jangan cepat tersinggung
    Ada hal-hal yang mungkin terucapkan saat melahirkan yang bukan hal sebenarnya. Jangan cepat tersinggung jika ia tampak kesal dengan usaha yang anda lakukan untuk mencoba membuat ia lebih nyaman atau jika ia tidak merespon pertanyaan anda. Keberadaan anda sendiri sudah membuat nyaman dan kadang-kadang hanya itu saja yang ia butuhkan.

Selama Transisi

  1. Lanjutkan untuk membantunya selama kontraksi
    pendamping-persalinan-bundanetFase ini merupakan masa yang tersulit bagi calon ibu. Saat ini waktunya untuk memberikan ia lebih banyak semangat dan pujian. Jika membantu, coba untuk mengajaknya bicara selama kontraksi atau memandunya untuk mengatur pernapasan. Beberapa wanita tidak ingin seseorang memandunya saat kontraksi makin kuat. Berikan ia kesempatan, jika dibutuhkan. Faktanya, genggam tangannya, buat kontak mata atau katakan, “I love you,” dapat menyampaikan lebih dari banyak kata-kata.
  1. Utamakan kebutuhannya
    Selama persalinan dan melahirkan, tetap ingat akan kebutuhan-kebutuhannya. Tawarkan ia air atau potongan es, jika diijinkan. Pijat bagian tubuhnya. Anjurkan perubahan posisi secara berkala. Berikan informasi tentang kemajuan persalinan dan seberapa baik usaha yang sudah ia lakukan. Mencoba untuk memberikan hal-hal yang dibutuhkannya jauh lebih penting dari pada merekam video atau menelepon teman dan keluarga.

Selama Kala II

  1. Bantu untuk memandu mengedan
    Gunakan petunjuk dari petugas kesehatan atau dari yang anda pelajari di kelas persiapan melahirkan untuk memandu mengedan. Sokong punggungnya atau tahan salah satu tungkainya ketika ia mengedan. Lakukanlah hal apapun yang tampaknya bisa membantunya.
  1. Tetap berada didekatnya
    Banyak hal bisa terjadi dengan cepat saat proses melahirkan. Keberadaan anda sangat penting, teutama saat bayi hampir lahir.
  1. Tunjukkan kemajuan persalinannya
    Saat kepala bayi mulai keluar, jika diijinkan, pegang cermin sehingga ia dapat melihat sendiri bahwa proses melahirkan hampir selesai. Atau katakan kepadanya “sedikit lagi bayinya akan lahir.”
  1. Potong tali pusat jika menginginkannya
    Jika ditawarkan untuk memotong tali pusat, jangan panik. Anda akan diberikan instruksi yang jelas oleh petugas kesehatan untuk melakukannya. Jangan merasa tertekan untuk melakukannya, jika anda tidak nyaman dengan ide tersebut.

Setelah Melahirkan

Rayakan! Yang-dapat-dilakukan-pendamping-persalinan-bundanet

Setelah bayi lahir, nikmati ikatan dengan bayi anda. Berikan pujian kepada pasangan anda, dan berikan selamat kepada diri anda sendiri juga, untuk keberhasilan anda menjadi pendamping persalinan yang baik.

Updated: 07/06/2016

Similar posts