Home » Kehamilan » Nutrisi Selama Kehamilan » Peningkatan Berat Badan Saat Hamil

Peningkatan Berat Badan Saat Hamil

Sebagian besar peningkatan berat badan saat hamil berkaitan dengan perkembangan janin. Bila peningkatan berat badan terlalu berlebihan dapat mengganggu kesehatan dan dapat meningkatkan tekanan darah. Bunda tidak perlu melakukan diet tetapi dengan konsumsi makanan sehat. Coba untuk tetap aktif melakukan aktifitas sehari-hari atau dengan melakukan olah raga.

Bila bunda hamil dengan peningkatan berat badan 10-15 kg maka rinciannya adalah sebagai berikut :

penambahan-berat-badan-saat-hamil-bundanet

Penambahan 150 – 200 kalori sehari akan membantu menjaga peningkatan berat badan antara 450 – 700 gram sebulan. Bila bunda makin aktif maka jumlah kalori yang dibutuhkan untuk dikonsumsi akan semakin banyak.

Pada trimester dua dan trimester tiga, bunda akan membutuhkan tambahan kalori sebanyak 400 – 500 kalori sehari diluar diet normal. Kenaikan berat badan ibu hamil yang dianjurkan adalah 200 – 450 gram seminggu pada trimester kedua dan ketiga. Kekurangan peningkatan berat badan selama trimester kedua berkaitan dengan bayi berat badan lahir rendah bila berat badan sebelum hamil normal atau underweight. Jika berat badan sebelum hamil overweight, tetapi sehat, peningkatan berat badan dibawah rata-rata kemungkinan tidak akan berefek pada pertumbuhan janin.

Bagaimana cara bunda mendapatkan kalori tambahan sangat penting dalam menentukan peningkatan berat badan saat hamil. Walaupun untuk mendapatkan 200 kalori atau lebih sangat mudah dengan mengkonsumsi permen, tetapi pilihan ini tidak memberikan nutrisi yang dibutuhkan. Bunda akan mendapatkan jumlah kalori yang sama tetapi dari nutrisi yang bermanfaat seperti karbohidrat, kalsium, protein dan zat besi dengan menambahkan pada asupan harian berupa sepotong roti gandum, segelas susu skim dan 1 ons daging tanpa lemak.

Updated: 08/06/2016

Similar posts