Home » Kehamilan » Nutrisi Selama Kehamilan » Memaksimalkan Penyerapan Zat Besi

Memaksimalkan Penyerapan Zat Besi

memaksimalkan_penyerapan_zat_besi_bundanetKebutuhan akan zat besi sangat meningkat saat hamil, karena itu dianjurkan untuk mengkonsumsi suplemen zat besi dan mengkonsumsi bahan makanan yang kaya akan zat besi. Tetapi bila tidak dilakukan dengan cara yang tepat maka zat besi dalam suplemen atau bahan makanan yang dikonsumsi mungkin tidak akan diserap secara maksimal oleh tubuh.

Dibawah ini ada beberapa tips yang dapat dilakukan untuk memaksimalkan penyerapan zat besi dalam suplemen atau bahan makanan :

  1. Hindari konsumsi zat besi dengan enteric-coated karena tingkat penyerapan obat menjadi jauh lebih sedikit.
  2. Zat besi sebaiknya dikonsumsi saat perut kosong, terpisah dari vitamin prenatal (kalsium dan magnesium dapat menghambat penyerapan). Antasida yang mengandung kalsium atau magnesium juga bisa mengganggu penyerapan zat besi.
  3. Memasak dengan menggunakan wajan dari besi tuang. Hal ini akan meningkatkan kandungan zat besi makanan.
  4. Hindari minum kopi dan teh saat makan, karena kandungan phenols akan mengganggu penyerapan zat besi.
  5. Vitamin C akan membantu penyerapan zat besi. Karena itu dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan yang kaya akan vitamin C (jus jeruk, stroberi, brokoli, kiwi, tomat, dll) saat makan, terutama saat makan makanan yang tinggi zat besi. Bahan makanan lain yang bisa membantu penyerapan zat besi adalah daging, daging unggas dan ikan.
  6. Beberapa makanan mengandung zat yang bisa menghambat penyerapan zat besi jika dikonsumsi bersamaan, misalnya phytate dalam biji-bijian dan kacang-kacangan, oksalat dalam kedelai dan bayam, kalsium dalam produk susu.

 

Updated: 07/06/2016

Similar posts