Home » Kehamilan » Melahirkan » Tanda Persalinan Sudah Dimulai

Tanda Persalinan Sudah Dimulai

tanda-persalinan-sudah-dimulai-bundanetMakin mendekati perkiraan persalinan, setelah kira-kira minggu ke-36 kehamilan, bunda disarankan untuk melakukan pemeriksaan lebih sering, biasanya seminggu sekali. Alasan medis utama adalah untuk memantau kemungkinan preeklampsia, suatu kondisi dimana terjadi kenaikan tekanan darah pada saat kehamilan dengan potensi membahayakan ibu dan janin. Dokter juga akan memeriksa tanda awal dari persalinan, memonitor kondisi kesehatan bunda dan kondisi kesehatan janin. Dokter juga akan menjelaskan tentang tanda-tanda dari persalinan.

Pertanyaan yang paling sering ditanyakan oleh ibu hamil yang mendekati persalinan adalah : “Bagaimana saya bisa tau bahwa persalinan sudah di mulai?”. Apalagi bagi pasangan dengan kehamilan pertama, biasanya akan khawatir bayinya akan lahir di perjalanan menuju rumah sakit. Tetapi, kenyataannya, kemungkinan melahirkan di perjalanan sangat jarang terjadi. Persalinan bisa mulai terjadi dengan tiba-tiba dan kemajuan persalinan terjadi dengan cepat. Tetapi, biasanya tanda persalinan muncul secara bertahap.

Kontraksi

kontraksi-persalinan-bundanet

Saat persalinan dimulai, rahim mulai untuk berkontraksi. Rahim merupakan organ yang berbentuk kubah yang dindingnya terdiri dari tiga lapisan otot yang tersusun memanjang, melintang dan seperti angka 8. Saat kontraksi otot-otot rahim memendek sehingga akan mendorong bayi turun ke arah jalan lahir. Kontraksi biasanya dimulai dengan kram atau ketidaknyamanan di pinggang bawah dan perut yang tidak akan berhenti walaupun bunda merubah posisi. Makin lama, kontraksi ini menjadi lebih kuat dan lebih teratur. Munculnya kontraksi tanpa disertai tanda persalinan yang lain mungkin saja bukan indikasi bahwa persalinan sudah dimulai. Banyak wanita merasakan kontraksi palsu (kontraksi Braxton-Hicks) dan meyakini persalinan sudah dimulai. Karena itu, untuk membedakan antara kontraksi persalinan dengan kontraksi palsu, pertimbangkan :

kontraksi_persalinan_bundanet

  • Frekuensi kontraksi

    Gunakan jam, nilai frekuensi dari kontraksi dengan mencatat waktu mulainya tiap kontraksi. Kontraksi persalinan akan menjadi lebih teratur dan makin sering terjadi. Sedangkan pada kontraksi palsu, kontraksi yang terjadi tidak teratur.

  • Lama kontraksi

    Nilai lama dari tiap kontraksi yaitu saat kontraksi dimulai dan saat berhenti. Kontraksi persalinan akan terjadi kira-kira 30 detik dan makin lama akan lebih memanjang – hingga 75 detik – dan makin kuat. Pada kontraksi palsu panjang dan kekuatan kontraksi akan bervariasi.

Pecah Ketuban

Pada suatu waktu saat persalinan, selaput ketuban (amniotic sac) bisa bocor atau pecah, dan cairan ketuban akan mengalir dari vagina, bisa mengalir sedikit-sedikit atau langsung banyak. Seperti wanita hamil lain, bundpecah_ketuban_bundaneta mungkin merasa takut persalinan akan terjadi saat ketuban pecah ketika bunda sedang di tempat umum.

Kenyataannya, hanya sedikit wanita yang mengalami pecah ketuban yang dramatis, dan jika terjadi, biasanya terjadi di rumah, seringkali di tempat tidur. Seringkali, ketuban pecah ketika persalinan fase aktif dan saat tiba di rumah sakit atau saat perawatan di rumah sakit. Faktanya, dokter atau bidan mungkin saja memecahkan ketuban selama persalinan jika selaput ketuban tersebut tidak pecah sendiri.

Leher rahim menipis dan melunak

proses_pembukaan_persalinan_bundanet

Salah satu tanda persalinan dimulai adalah leher rahim mulai untuk menipis dan melunak sebagai persiapan untuk melahirkan. Saat persalinan mengalami kemajuan, leher rahim akan menipis dari beberapa sentimeter menjadi setipis kertas. Bunda tidak akan merasakan proses penipisan ini dan hanya diketahui dengan melakukan pemeriksaan dalam vagina. Penipisan leher rahim dinilai dalam persentase atau dalam bentuk panjang leher rahim, dan dokter akan berkata, “penipisan leher rahim bunda sudah sekitar 50 persen,” itu berarti penipisan leher rahim bunda kira-kira sudah setengah dari ketebalan awal.

Ketika penipisan sudah terjadi 100 persen, berarti penipisan sudah komplit. Penipisan ini membuat leher rahim lebih mudah untuk meregang, sehingga memungkinkan bayi untuk turun lebih lanjut ke arah pembukaan leher rahim menuju jalan lahir (vagina).

Pembukaan leher rahim
proses_pembukaan_persalinan_bundanet

Pada hari akhir dari kehamilan, mungkin dokter juga akan mendapatkan adanya permulaan dari pembukaan leher rahim, merupakan salah satu tanda bahwa persalinan makin dekat. Pada kehamilan pertama, penipisan biasanya terjadi lebih dahulu dari pada pembukaan. Pada kehamilan berikutnya, biasanya terjadi yang sebaliknya.

Pembukaan dinilai dalam sentimeter, di mana leher rahim terbuka dari 0 hingga 10 sentimeter selama proses persalinan. Dokter atau bidan memperkirakan seberapa besar terjadi pembukaan dengan merasakan pembukaan leher rahim saat pemeriksaan dalam vagina. Leher rahim yang menipis, melunak dan terbuka dapat mendahului tanda lain dari persalinan misalnya kontraksi rahim.

Gangguan Pencernaan

Banyak wanita mengalami diare atau mual saat persalinan mulai terjadi.

Jadi, kapan persalinan dimulai? Hal ini ingin diketahui oleh siapapun. Dokter bisa membuat perkiraan berdasarkan pemeriksaan, tetapi kenyataannya, leher rahim dapat mulai untuk menipis, melunak dan terbuka secara bertahap selama seminggu atau bahkan sebulan atau lebih pada beberapa wanita. Sebaliknya, perubahan leher rahim ini bisa terjadi hanya dalam waktu beberapa jam.

Similar posts