Home » Kehamilan » Olahraga Selama Kehamilan » Perubahan Tubuh Saat Kehamilan

Perubahan Tubuh Saat Kehamilan

perubahan-pada-tubuh-bundaNetSaat hamil terjadi beberapa perubahan pada tubuh yang dapat mempengaruhi kemampuan saat berolah raga.

  1. Hormon yang dihasilkan selama kehamilan menyebabkan jaringan ikat yang menyokong sendi menjadi kurang kuat. Hal ini menyebabkan sendi lebih mudah mengalami cedera. Karena itu saat hamil hindari gerakan yang tiba-tiba atau high impact yang dapat meningkatkan risiko cedera.
  1. Kenaikan berat badan saat hamil dimana bagian tubuh bagian depan akan lebih menonjol akibat perut yang membesar menyebabkan perubahan pada titik keseimbangan tubuh. Hal ini menyebabkan ibu hamil menjadi kurang stabil, lebih mudah mengalami sakit pinggang dan lebih mudah jatuh saat berolah raga terutama saat trimester tiga.
  1. Saat hamil tubuh akan bekerja lebih keras untuk beradaptasi dengan perubahan metabolisme dan berat badan saat hamil. Sedangkan saat berolah raga tubuh asupan oksigen dan darah akan lebih banyak tertuju ke otot yang dilatih sehingga intensitas dan lama olah raga juga harus disesuaikan.

 

Updated: 11/06/2016

Similar posts