Home » Menyusui » Posisi Dasar Menyusui

Posisi Dasar Menyusui

posisi_dasar_menyusui_Bundanet
K
ebanyakan Bunda sangat mampu menyusui bayi mereka secara eksklusif selama 6 bulan. Bahkan kenyataannya kebanyakan ibu memproduksi ASI lebih dari cukup. Agar menyusui dapat dilakukan dengan baik dan benar, mengawali dengan cara terbaik sejak hari pertama dapat memberikan hasil yang sangat berbeda. Tentu saja, bahkan dengan permulaan yang kurang baik, banyak ibu dan bayi yang berhasil melakukannya. Dan ya, banyak Bunda cukup meletakkan bayi ke payudaranya dapat langsung berhasil menyusui. Lalu bagaimana posisi dasar menyusui sebenarnya?

Prinsip dasar dari menyusui adalah membuat bayi melekat dengan baik.

posisi_dasar_menyusui_2Bayi yang melekat dengan baik akan mendapatkan ASI dengan baik pula. Bayi yang tidak melekat dengan baik akan lebih sulit mendapatkan ASI, terutama jika ASI sedikit. Produksi ASI di awal kelahiran memang sedikit, ini hal yang normal dan alamiah, akan tetapi apabila bayi tidak melekat dengan baik, bayi akan mengalami kesulitan untuk mendapatkan ASI.

Jika pelekatan bayi tidak baik, ia juga dapat menyebabkan nyeri pada puting susu Bunda. Dan, bila pada saat yang sama bayi tidak mendapatkan cukup ASI, bayi akan menyusu lebih lama, sehingga Bunda semakin merasa kesakitan. Bila puting Bunda sakit, Bunda tentu akan merasa ”tersiksa” saat proses menyusui berlangsung, hal ini tentu akan membuat Bunda jadi enggan untuk meyusui. Dan itu akan berakibat pada berkurangnya produksi ASI yang dikarenakan jarang di hisap oleh bayi.

Berikut ini adalah beberapa posisi yang benar pada saat menyusui:

  • Posisi Cradle
    posisi_cradle_bundanet
    Posisi ini sangat baik untuk bayi yang baru lahir. Bagaimana caranya? Pastikan punggung Bunda benar-benar mendukung untuk posisi ini. Jaga bayi di perut Bunda, sampai kulitnya dan kulit Bunda saling bersentuhan. Biarkan tubuhnya menghadap ke arah Bunda, dan letakkan kepalanya pada siku Bunda.

 

  • Posisi Football Hold
    posisi-football-hold-bundanet
    Caranya, pegang bayi di samping Bunda dengan kaki di belakang Bunda dan bayi terselip di bawah lengan Bunda, seolah-olah Bunda sedangmemegang bola kaki. Ini adalah posisi terbaik untuk Bunda yang melahirkan dengan operasi caesar atau untuk ibu-ibu dengan payudara besar. Tapi, Bunda butuh bantal untuk menopang bayi.

 

  • Posisi Double Football Hold
    posisi-double-football-bundanet
    Bayi dipegang seperti cara memegang bola disisi kanan dan kiri tubuh ibu. Tangan ibu menopang kepala bayi dengan badan bayi berbaring di bawah tangan ibu. Banyak ibu menggunakan cara ini sampai mereka benar-benar berpengalaman.

 

  • Posisi Cross Cradle
    posisi-cross-cradle-bundanet
    Bayi menyusu di payudara kanan, namun tangan Bunda yang menyangga adalah dengan tangan kiri, atau sebaliknya. Langkah ini dilakukan, agar Bunda dapat lebih mengkontrol dan membantu untuk memasukkan areola seoptimal mungkin kedalam mulutbayi. Satu lengan mendukung tubuh bayi dan yang lain mendukung kepala, mirip dengan posisi dudukan tetapi Bunda akan memiliki kontrol lebih besar atas kepala bayi. Posisi menyusui ini bagus untuk bayi prematur atau Bunda dengan puting payudara kecil.

 

  • Posisi Lying Down

    posisi-lying-down-bundanetMenyusui dengan berbaring akan memberi Bunda lebih banyak kesempatan untuk bersantai dan juga untuk tidur lebih banyak pada malam hari. Bunda bisa tidur saat bayi menyusu. Dukung punggung dan kepala bayi dengan bantal. Pastikan bahwa perut bayi menyentuh perut Bunda.

Pelekatan yang baik merupakan Kunci Sukses Menyusui, lalu bagaimanakah pelekatan yang baik? Ada 4 kriteria pelekatan yang baik, apa sajakah itu?

  • Areola bagian atas lebih banyak terlihat
  • Mulut bayi terbuka lebar
  • Bibir bawah bayi terputar keluar
  • Dagu bayi menempel pada payudara Bunda

posisi_dasar_menyusui_3

Sementara untuk posisi menyusui, ada beberapa panduan untuk Bunda sebagai berikut:

  • Kepala dan badan bayi dalam satu garis lurus.
  • Seluruh badan bayi ditopang.
  • Bayi dipegang dekat dengan badan Bunda.
  • Bayi mendekat ke payudara, hidung menghadap puting.

Jangan lupa,  sebelum Bunda mulai menyusui, siapkan barang-barang yang dapat membuat Bunda nyaman selama proses menyusui berlangsung, seperti sandaran yang nyaman, bantal, guling, serta kursi dan penyangga kaki jika Bunda menyusui bukan di tempat tidur.

Apapun posisi yang dipilih Bunda dan bayi, tidak ada jawaban benar dan salah. Yang terpenting adalah, Apakah bayi menyusu dengan efektif dan Apakah bayi dan Bunda merasa nyaman?.

Updated: 06/06/2016

Similar posts