Home » Menyusui » Produksi ASI Sedikit? Power Pumping Yuk!

Produksi ASI Sedikit? Power Pumping Yuk!

power-pumping-bundanetPorsi bayi saya meminum susu sudah 60-70 cc, namun hasil saya memompa ASI hanya 20 cc, padahal itu sudah memompa di kedua payudara selama 30 menit. Saya jadi sering mengalami kekecewaan setiap kali selesai memompa. Apakah ASI saya kurang untuk bayi saya? Bagaimana ya solusinya? Apa yang harus saya lakukan?

Pada dasarnya yang harus menjadi “mindset” semua ibu menyusui adalah “Tidak Ada Istilah ASI kurang karena ASI diproduksi sesuai dengan kebutuhan”. Untuk itu, apabila Bunda mengalami produksi ASI yang tidak sesuai dengan porsi minum bayi, yang pertama harus Bunda lakukan adalah Percaya Diri dan terus Berpikir Positif bahwa Bunda mampu memberikan ASI sesuai dengan kebutuhan bayi. Kemudian, Bunda bisa mencoba Teknik Power Pumping. Apa itu Teknik Power Pumping?

Power pumping merupakan teknik memompa ASI yang bertujuan untuk meningkatkan produksi ASI. Teknik Power Pumping ini cocok digunakan oleh Ibu yang Produksi ASI-nya sedikit dan Ibu yang menyusui anak adopsi agar merangsang produksi ASI meningkat. Bagaimana teknis melakukannya?

Teknik Power Pumping

Terdapat 2 jenis pompa ASI yang sudah banyak diketahui Bunda. Pompa ASI Single Pump/ dengan tangan dan Double Pump

  1. Memompa dengan Pompa ASI Single Pump/ memerah dengan Tangan
    Pompalah ASI selama 10 menit pada masing-masing payudara secara bergantian selama 1 jam.Power_Pumping_Bundanet
  1. Memompa Dengan Pompa ASI Double Pump
    Pompalah payudara secara bersamaan selama 10 menit, kemudian istirahat 10 menit, sambung memompa lagi selama 10 menit lagi, istirahat lagi 10 menit. Lakukan hal ini selama 1 jam.Power pumping ini akan lebih efektif jika dilakukan di malam hari, karena kadar hormon Prolaktin (Hormon yang bertugas memproduksi ASI) lebih tinggi di malam hari. Lakukan Teknik Power Pumping ini selama seminggu, kemudian evaluasi kemajuannya. Jika produksi ASI Bunda tetap sedikit, periksalah ke ahli Laktasi. Mungkin juga Pola Makan dan Faktor Stres yang mengurangi Produksi ASI. Coba singkirkan gadget dan manfaat kan waktu untuk beristirahat.

 

Updated: 05/06/2016

Similar posts