Home » Menyusui » Rasa ASI Kayak Apa sih ?

Rasa ASI Kayak Apa sih ?

rasa-asi-bundanetRasa ASI Kayak Apa Sih?” siapa yang sering bertanya-tanya seperti itu? Tentu buanyaaak sekali yang penasaran dengan rasa ASI, bahkan mungkin ada yang nekat mencicipi ASI untuk tahu rasanya, bukaan? Hayoo ngakuu.. biar ga makin banyak yang salah persepsi tentang rasa ASI, kita bahas yaa. Siapa yang pernah denger pernyataan ini “Apa yang di makan oleh Bunda, akan ikut dirasain juga sama Bayi lewat ASI”? Pernyataan begini nih yang harus dilurusin biar ga makin salah persepsi sama rasa ASI.

Bunda makan pedas, ASI juga jadi berasa pedas. Bunda makan sate, ASI  juga jadi ikutan rasa sate, benarkah itu?. Cita rasa ASI tidak 100%  sama dengan makanan yang Bunda makan. Kalaupun ada, paling rasanya hanya samar-samar saja dan hanya bertahan maksimal 8 jam. Ada beberapa fakta-fakta yang perlu Bunda ketahui tentang hubungan makanan yang Bunda makan dengan cita rasa ASI.

Makan makanan yang pedas bikin ASI jadi pedas dan mengakibatkan bayi diare? Sampai saat ini belum ada penelitian ilimiah yang mengatakan seperti itu. Pedas itu BUKAN rasa loh Bun. Pedas itu sensasi pecahnya jaringan di lidah karena zat yang ada didalam cabe, capsaicin namanya. Reseptor di lidah dikirim ke otak sama persis dengan signal kepanasan dan nyeri. Sensasi kepanasan dan nyeri dilidah ini yang biasa kita sebut  Rasa Pedas, dan sensasi ini TIDAK dirasakan juga oleh bayi lewat ASI.

Yang perlu Bunda ketahui, kandungan yang ada di dalam ASI itu di ambil dari darah Bunda, BUKAN dari perut atau sistem pencernaan Bunda, rasa pedas itu tidak dibawa ke dalam aliran darah. Makanan pedas itu justru berpengaruh ke Bunda, karena Bunda bisa mengalami  gangguan pencernaan seperti Diare. Diare itulah yang berpengaruh ke ASI, karena saat Bunda mengalami diare, Bunda mengalami dehidrasi atau kekurangan cairan.

Bunda minum es atau air dingin maka ASI jadi dingin dan dapat membuat bayi jadi flu? ASI tidak akan jadi dingin, cairan apapun yang keluar dari tubuh kita itu pasti hangat, termasuk ASI. ASI akan terus hangat karena tersimpan didalam tubuh Bunda. Dengan meminum es atau air dingin ini justru berpengaruhnya ke Bunda, karena dengan Bunda minum es atau air dingin ini memudahkan Bunda terkena flu yang tentu akan berpotensi menular ke bayi.

Bunda minum kafein atau kopi, ASI jadi rasa kopi yang menyebabkan  bayi rewel dan sulit tidur?. Jangan lupa, kafein tidak hanya ada di kopi looh, kafein juga ada di teh, minuman bersoda dan es rasa kopi. Menurut Ruth A. Lawrence, MD, dan Robert, penulis Breastfeeding: A Guide For The Medical Profession, kandungan kafein yang ditemukan di dalam ASI sangatlah rendah. Jika hanya meminum kafein 1 cangkir sehari, tidak apa-apa, namun kalau sampai 6 cangkir sehari, kafein akan mengumpul di pencernaan bayi dan dapat mengakibatkan bayi sulit tidur dan dapat terjadi iritasi pada saluran pencernaannya.

Lalu bagaimana dengan obat-obatan yang dikonsumsi oleh Bunda? Hampir semua ahli sepakat bahwa Bunda yang sedang menyusui baiknya tidak meminum obat-obatan secara sembarangan, apalagi antibiotik. Menurut Bonnie S. Wirthington – Roberts : Penulis Nutrition In Pregnancy and Lactation: 1 – 2 % dosis obat yang diminum oleh Bunda akan juga di konsumsi oleh bayi lewat ASI.

Jaga pola makan yang bergizi dan seimbang selama masa menyusui agar kualitas ASI terjaga. Kalau tubuh tidak mendapat asupan yang bergizi maka akan di ambil cadangan dari tubuh itu sendiri. Itu dia mengapa kualitas ASI akan tetap baik apapun makanan yang dikonsumsi Bunda.

Produksi ASI akan mengambil hal terbaik dari Bunda, itulah alasan mengapa Bunda harus sehat dan nutrisi yang masuk kedalam tubuh Bunda harus bergizi.

Jadi, pada intinya makanlah makanan sehat yang Bunda suka. Makanan yang di sukai Bunda akan membuat hati Bunda happy dan kalau Bunda happy, produksi ASI pun akan lancar. Happy Breastfeeding!

Updated: 07/06/2016

Similar posts