Home » Menyusui » Ciri – Ciri Rumah Sakit Pro ASI

Ciri – Ciri Rumah Sakit Pro ASI

Rumah-Sakit-Pro-ASI-bundanetSaat mendapati bahwa ternyata Bunda telah positif hamil, tentu Bunda dan pasangan akan sangat berbahagia. Banyak yang Bunda dan pasangan telah rencanakan menyambut kehamilan tersebut, salah satunya adalah ingin memberikan ASI Eksklusif dan melakukan Inisiasi Menyusu Dini (IMD). Kemudian timbul pertanyaan, Rumah Sakit mana ya yang betul-betul Pro ASI dan akan mendukung semua Ibu untuk menyusui.

Untuk dapat mengetahuinya Bunda perlu mencari tahu dari pengalaman orang-orang yang pernah melahirkan dan menanyakan kepada pihak Rumah Sakit, apakah Rumah Sakit tersebut menyediakan antara lain:

  1. Melakukan pelatihan untuk staf dan lainnya.
  2. Menyiapkan ibu hamil untuk mengetahui manfaat ASI dan langkah keberhasilan meRumah-Sakit-Pro-ASI-bundanetnyusui. Memberikan konseling apabila Bunda penderita HIV positif.
  3. Melakukan IMD yaitu kontak kulit antara ibu dan bayi serta menyusu dini bayi baru lahir (1/2 – 1 jam setelah lahir).
  4. Membantu Bunda melakukan teknik menyusui yang benar (posisi pelekatan tubuh bayi dan pelekatan mulut bayi pada payudara).
  5. Hanya memberikan ASI saja tanpa minuman pralaktal sejak bayi lahir.
  6. Melakukan rawat gabung (Rooming in) antara ibu dan bayi selama 24 jam.
  7. Melakukan pemberian ASI sesering dan semau bayi.
  8. Tidak memberikan dot/ empeng apalagi membekali Bunda susu formula saat pulang dari melahirkan.
  9. Menindaklanjuti Ibu-Bayi setelah pulang dari sarana pelayanan kesehatan.

Sebagai pasien, kita harus pro aktif untuk mencari tahu dan cerdas dalam memilih pelayanan kesehatan yang akan kita jalani agar semua yang telah kita rencanakan dapat berjalan dengan lancar sesuai dengan keinginan.

Updated: 06/06/2016

Similar posts