Home » Kehamilan » Keluhan Selama Kehamilan » Seperti Ingin Pingsan dan Pusing Saat Hamil

Seperti Ingin Pingsan dan Pusing Saat Hamil

Penurunan aliranpusing_dan_seperti_ingin_pingsan_saat_hamil_bundanet darah ke tubuh bagian atas karena tekanan rahim ke pembuluh darah di tulang belakang dan panggul. Inilah yang menyebabkan rasa seperti ingin pingsan dan pusing saat hamil. Keluhan ini biasanya terjadi pada awal trimester kedua, ketika pembuluh darah membesar akibat respon hormon kehamilan tetapi volume  darah belum bertambah untuk mengisi pembuluh darah tersebut.

Rasa seperti ingin pingsan atau pusing juga bisa terjadi saat cuaca panas atau saat berendam atau mandi air hangat. Ketika bunda kepanasan, pembuluh darah di kulit akan melebar sehingga akan mengurangi jumlah darah yang kembali ke jantung.

Rendahnya gula darah (hipoglikemia), biasa terjadi di awal kehamilan, juga dapat menyebabkan pusing, seperti juga bila mengalami kekurangan sel darah merah (anemia). Selain itu, stres, kelelahan dan lapar dapat juga menyebabkan pusing dan seperti mau pingsan. Flu, diabetes, tekanan darah tinggi atau penyakit gondok, walaupun lebih jarang, bisa menyebabkan keluhan ini pula.

Pencegahan dan penanganan rasa ingin pingsan dan pusing

  • Bangun secara perlahan dari berbaring atau duduk dan berubah posisi secara perlahan.
  • Bergerak atau berjalan dengan lebih lambat, bila berjalan cukup jauh usahakan untuk banyak beristirahat sebelum melanjutkan perjalanan.
  • Hindari berdiri terlalu lama
  • Hindari berbaring terlentang, sebaiknya berbaring miring dengan mengganjal bantal di bawah panggul
    cegah_pusing_saat_hamil_bundanet
  • Hindari kepanasan. Hindari daerah yang panas dan ramai. Pakaian yang berlapis-lapis. Pastikan air yang digunakan saat berendam atau mandi tidak terlalu panas.
  • Makan sedikit-sedikit tetapi sering dari pada hanya tiga kali makan porsi besar. Makanan kecil seperti buah, roti gandum, kraker atau yogurt rendah lemak bisa dikonsumsi.
  • Berusaha tetap aktif untuk mempercepat kembalinya aliran darah dari tubuh bagian bawah ke jantung seperti berjalan dan yoga prenatal.
  • Minum banyak air.
  • Konsumsi makanan yang tinggi zat besi, seperti daging merah, kacang-kacangan, sayuran hijau, dll.

Kapan harus memeriksakan diri ke dokter

Bila pusing yang terjadi berat dan disertai dengan nyeri perut atau perdarahan dari vagina bisa jadi merupakan tanda bahaya dari kehamilan, seperti ancaman keguguran atau tanda kehamilan ektopik. Bila keluhan tersebut terjadi sebaiknya berkonsultasi ke dokter.

Updated: 06/06/2016

Similar posts