Home » Kesehatan Wanita » Menstruasi » Menstruasi

Menstruasi

Menstruasi adalah siklus bulanan keluarnya darah dari liang kemaluan (vagina) pada seorang wanita. Saat menstruasi, lapisan dalam dari dinding rahim luruh. Darah menstruasi mengalir dari dalam rahim melalui leher rahim dan keluar dari dalam tubuh melalui liang kemaluan (vagina). Sebagian besar menstruasi terjadi selama 3-5 hari.
siklus-menstruasi_bundanet

Siklus menstruasi bisa teratur tetapi bisa juga tidak teratur. Jika siklus menstruasi teratur maka menunjukkan bahwa hormon di dalam tubuh bekerja secara normal. Siklus menstruasi dihitung mulai dari hari pertama menstruasi ke hari pertama siklus menstruasi berikutnya. Rata-rata siklus menstruasi adalah selama 28 hari. Siklus menstruasi normal bervariasi mulai dari 21 hingga 35 hari pada dewasa dan 21 hingga 45 hari pada remaja. Siklus menstruasi diatur oleh naik dan turunnya hormon dalam tubuh.

Pada awal siklus menstruasi hormon estrogen mulai meningkat. Estrogen berperan penting dalam menjaga kesehatan Bunda, khususnya dengan membantu membangun tulang yang kuat dan membantu menjaga tulang tetap kuat hingga tua. Estrogen juga membuat lapisan dalam rahim tumbuh dan menebal. Lapisan rahim ini merupakan tempat yang akan memberikan nutrisi pada embio jika terjadi kehamilan. Pada saat yang sama ketika lapisan dinding rahim menebal, sel telur (ovum), pada salah satu indung telur (ovarium) mulai matang. Di hari ke-14 pada siklus rata-rata 28 hari, sel telur akan keluar dari indung telur. Hal ini disebut sebagai masa subur (ovulasi). Setelah sel telur keluar dari indung telur, sel telur akan ditangkap oleh saluran telur (tuba falopii) menuju ke rahim. Hormon akan meningkat dan membantu mempersiapkan dinding dalam rahim untuk kehamilan. Penting untuk diketahui, jika siklus menstruasi bukan 28 hari, maka masa subur (ovulasi) akan terjadi sebelum atau sesudah hari ke-14. Seorang wanita akan hamil jika sel telur dibuahi oleh sel sperma dan hasil pembuahan tersebut menempel di dinding rahim. Jika sel telur tidak dibuahi maka kadar hormon akan turun dan lapisan dalam rahim yang telah menebal akan luruh dan keluar sebagai menstruasi.

Jumlah darah yang keluar saat menstruasi, lamanya menstruasi dan siklus menstruasi bisa bervariasi. Darah menstruasi bisa sedikit, sedang atau banyak. Lama menstruasi biasanya 3-5 hari, tetapi lama menstruasi 2-7 hari masih normal. Sedangkan siklus menstruasi normal adalah antara 21-35 hari. Walaupun pada beberapa tahun setelah menstruasi dimulai siklus biasanya berlangsung lebih lama.

Seorang wanita mengalami menstruasi pertama kali biasanya di usia 12 tahun. Tetapi hal ini tidak berarti bahwa semua wanita akan mulai mengalami menstruasi pada usia yang sama. Seorang wanita mulai menstruasi bisa sejak usia 8 hingga 15 tahun. Menstruasi paling sering terjadi 2 tahun setelah payudara mulai tumbuh. Jika seorang wanita tidak pernah menstruasi ketika berusia 15 tahun atau tidak mengalami menstruasi 2-3 tahun setelah payudara tumbuh, maka sebaiknya berkonsultasi ke dokter.

Seorang wanita biasanya akam mengalami menstruasi hingga masa menopause. Menopause terjadi antara usia 45 hingga 55 tahun, biasanya di sekitar usia 50 tahun. Menopause berarti bahwa wanita tersebut tidak lagi mengalami ovulasi (memproduksi sel telur) atau mengalami menstruasi sehingga tidak mungkin lagi untuk hamil. Seperti menstruasi, menopause dapat bervariasi pada tiap wanita dan perubahan ini dapat terjadi selama beberapa tahun. Periode di mana tubuh bunda mulai mengalami menopause disebut sebagai perimenopause. Periode ini dapat terjadi selama 2 hingga 8 tahun. Beberapa wanita mengalami menopause dini karena pembedahan atau pengobatan lain, penyakit tertentu atau penyebab lainnya. Jika bunda tidak mengalami menstruasi selama 90 hari, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter. Dokter akan melakukan pemeriksaan kemungkinan hamil, menopause dini, atau masalah kesehatan lainnya yang dapat menyebabkan menstruasi berhenti atau menjadi tidak teratur.

MASALAH MENSTRUASI YANG MUNGKIN TERJADI

Seorang wanita dianjurkan berkonsultasi dengan dokter jika mengalami menstruasi sebagai berikut :

  • Belum menstruasi saat usia sudah 15 tahun.
  • Belum menstruasi 3 tahun setelah terjadi pertumbuhan payudara atau belum terjadi pertumbuhan payudara saat usia 13 tahun.
  • Menstruasi tiba-tiba berhenti lebih dari 90 hari.
  • Menstruasi menjadi sangat tidak teratur padahal riwayat menstruasi sebelumnya teratur setiap bulan.
  • Siklus menstruasi kurang dari 21 hari atau lebih dari 35 hari.
  • Lama menstruasi lebih dari 7 hari.
  • Jumlah darah menstruasi lebih banyak dari biasanya atau menggunakan lebih dari 1 pembalut setiap 1-2 jam.
  • Keluar darah di luar atau di antara masa menstruasi.
  • Mengalami nyeri hebat selama masa menstruasi.

Updated: 06/06/2016

Similar posts