Home » Kehamilan » Keluhan Selama Kehamilan » Sulit Menahan Buang Air Kecil (Inkontinensia)

Sulit Menahan Buang Air Kecil (Inkontinensia)

sulit-menahan-buang-air-kecil-bundanetInkontinensia (sulit menahan buang air kecil) adalah suatu kondisi ketidakmampuan untuk menahan aliran air seni atau yang keluar secara tiba-tiba saat batuk, bersin, tertawa, perubahan posisi tiba-tiba atau mengedan.

Kondisi ini bisa didapatkan saat hamil atau setelah melahirkan. Selama hamil, tekanan bagian bayi ke kandung kemih menyebabkan kesulitan menahan keluarnya air seni terutama saat bayi bergerak ke arah kandung kemih.

Kadang-kadang, kerusakan otot dasar panggul dan saraf ke kandung kemih saat persalinan dapat menyebabkan keluarnya air seni tanpa bisa ditahan selama beberapa minggu setelah persalinan.

Kondisi seperti ini biasanya akan membaik dalam waktu tiga bulan setelah melahirkan tetapi kondisi ini mempunyai kemungkinan berulang di kemudian hari.

sulit_menahan_buang_air_kecil_bundanet


Pencegahan dan penanganan inkontinensia

gerakan_senam_kegel_bundanet

Penelitian membuktikan dengan melakukan latihan Kegel dapat membantu mencegah inkontinensia urin selama hamil dan setelah melahirkan.

Latihan mengencangkan ini membantu menguatk

an jaringan penyangga dari kandung kemih, saluran kencing dan organ panggul lainnya. Untuk melakukan latihan Kegel, kerutkan otot sekeliling vagina, seperti saat berusaha untuk menahan berkemih, untuk beberapa detik, kemudian lemaskan kembali. Ulangi gerakan tersebut sebanyak 10 kali.

Jika mengalami inkontinensia, gunakan pembalut wanita.

Updated: 06/06/2016

Similar posts