Home » Kehamilan » Keluhan Selama Kehamilan » Susah Buang Air Besar

Susah Buang Air Besar

susah_buang_air_besar_bundanetKonstipasi adalah suatu kondisi dimana seseorang tidak bisa buang air besar secara teratur (kurang dari tiga kali seminggu). Kondisi ini merupakan salah satu efek samping yang paling sering terjadi saat kehamilan, dimana sebagian dari ibu hamil mungkin akan mengalaminya. Susah buang air besar ini akan makin berat bila sebelum hamil sudah mengalami konstipasi.

Saat hamil, peningkatan hormon progesteron menyebabkan proses pencernaan menjadi lebih lambat, sehingga makanan akan lebih lambat melewati saluran cerna. Pada trimester tiga, rahim yang makin membesar akan menekan usus bagian bawah. Ditambah lagi, usus besar akan menyerap cairan lebih banyak saat hamil, sehingga kotoran akan makin keras dan gerakan usus akan semakin sulit.

Faktor lain yang turut berperan memperberat konstipasi adalah kebiasan makan yang tidak teratur, stres, perubahan lingkungan serta penambahan kalsium dan zat besi pada makanan sehari-hari. Konstipasi yang berlangsung lama dapat menyebabkan atau memperberat ambeien (hemoroid).

Pencegahan dan penanganan konstipasi

Langkah pertama dalam mengatasi masalah ini adalah dengan mengevaluasi makanan yang dikonsumsi. Makan makanan tinggi serat dan minum banyak air setiap hari akan membantu mencegah dan meringankan konstipasi. Cara lain yang bisa dilakukan adalah : Atasi Susah Buang Air Besar - Bundanet

  • Makan makanan tinggi serat, misalnya buah, sayur, kacang dan gandum, seperti roti gandum, nasi merah dan oatmeal.
  • Makan porsi kecil tetapi sering dan kunyah makanan dengan sempurna.
  • Minum banyak air putih, kira-kira 8 gelas sehari. Minum segelas air sebelum tidur.
  • Olah raga teratur. Berjalan lebih lama atau melakukan aktifitas fisik lebih banyak dari biasanya juga cukup membantu mengurangi konstipasi karena dengan olah raga teratur dapat meningkatkan gerakan usus.
  • Suplemen zat besi dapat menyebabkan konstipasi. Jika dokter menyarankan suplemen zat besi dan bunda mengalami konstipasi maka minum zat besi dengan jus plum.

 

Updated: 06/06/2016

Similar posts