Home » Kehamilan » Melahirkan » Tanda Persalinan Sudah Dekat

Tanda Persalinan Sudah Dekat

Tekanan pada panggul
Tanda-persalinan-bundanet

Saat makin mendekati perkiraan persalinan, bunda dapat merasakan bayi turun ke dalam panggul sebagai persiapan untuk persalinan. Kondisi ini terjadi alamiah dan disebut sebagai lightening. Saat kepala bayi sudah masuk ke dalam panggul maka bentuk dari perut dapat berubah, di mana perut akan terlihat lebih rendah dan condong ke depan.

tanda_akan_bersalin_bundanetBunda dapat merasakan lebih mudah untuk bernapas akibat turunnya bayi ke dalam panggul dan tekanan pada diafragma akan berkurang. Makan lebih banyak makanan akan lebih nyaman dilakukan karena lebih banyak ruangan pada perut bagian atas. Sebagai gantinya, bunda akan merasakan peningkatan tekanan pada kandung kemih. Mungkin pula terasa nyeri pada saat bagian dari bayi menekan dasar panggul.

Jika ini adalah kehamilan pertama, lightening kemungkinan terjadi mulai dari dua hingga empat minggu sebelum persalinan. Sedangkan pada kehamilan berikutnya, bisa saja kepala bayi baru masuk ke dalam panggul hanya beberapa jam sebelum persalinan atau bahkan saat persalinan terjadi.

Kontraksi Braxton-Hicks
kontraksi_persalinan_bundanet

Sepanjang trimester kedua dan ketiga kehamilan, bunda mungkin akan merasakan beberapa kali kontraksi rahim tanpa disertai nyeri, yaitu suatu sensasi di mana rahim mengeras kemudian melunak kembali. Kontraksi ini terutama dirasakan jika bunda meletakkan tangan pada perut. Kondisi ini disebut sebagai kontraksi Braxton-Hicks, dan hal ini merupakan tanda tubuh anda melakukan pemanasan untuk persalinan. Rahim melatih ototnya untuk membangun kekuatan untuk tugas yang berat yaitu melahirkan.

Semakin dekat dengan perkiraan persalinan, kontraksi ini biasanya menjadi lebih kuat dan kadang-kadang disertai nyeri. Kadang-kadang, kontraksi Braxton-Hicks, yang juga disebut sebagai kontraksi palsu, dikira sebagai tanda persalinan. Kontraksi Braxton-Hicks terjadi tidak teratur dan sering kali akan menghilang saat beristirahat. Sedangkan kontraksi tanda persalinan yang sebenarnya akan terjadi teratur, dengan kekuatan yang makin meningkat, tidak tergantung aktifitas yang dilakukan.

Bloody show

tanda-persalinan-bundanetSelama kehamilan, saluran leher rahim disumbat oleh lendir kental. Lendir kental ini membuat penghalang antara leher rahim dan vagina sehingga bakteri tidak dapat masuk ke dalam rahim dan menyebabkan infeksi. Beberapa minggu, hari atau jam sebelum persalinan di mulai, lendir kental ini akan keluar dan ini yang disebut sebagai bloody show. Bloody show tampak berupa lendir kental bercampur sedikit darah atau lendir kental kecoklatan yang keluar dari vagina. Beberapa wanita mungkin tidak memperhatikan keluarnya lendir ini. Bloody show ini mungkin saja suatu tanda persalinan akan segera di mulai, tetapi bisa saja persalinan baru terjadi beberapa minggu kemudian.

Updated: 06/06/2016

Similar posts