Varises

varises-bundanetVarises pada ibu hamil merupakan perubahan sirkulasi darah untuk menyokong pertumbuhan janin selama kehamilan juga menyebabkan efek samping yang kurang menguntungkan.

Kira-kira 20 persen wanita hamil bisa mengalami varises. Untuk mengakomodasi peningkatan aliran darah selama kehamilan, pembuluh darah seringkali menjadi membesar.

Pada waktu bersamaan, aliran darah dari tungkai ke panggul mungkin berkurang. Hal ini dapat menyebabkan katup di dalam pembuluh vena tungkai menjadi gagal, sehingga melebar, dan menonjol.
Masalah pembuluh vena juga dapat berupa garis-garis kebiruan, kemerahan atau keunguan di bawah kulit, seringkali tampak pada tungkai dan pergelangan kaki.

Varises mempunyai kecenderungan diturunkan. Kelemahan katup vena yang diturunkan dapat membuat bunda lebih rentan.

varises-bundanet

Varises bisa tanpa gejala, atau mungkin menyakitkan atau kurang nyaman, menyebabkan nyeri pada tungkai. Ukuran dari vena biasanya akan berkurang setelah melahirkan.

Pencegahan dan Penanganan Varises

Beberapa hal di bawah ini bisa membantu mencegah varises, menjaga agar tidak bertambah parah atau mengurangi keluhan karena varises :

  • Hindari berdiri dalam jangka waktu lama.
  • Jangan duduk dengan menyilangkan kaki. Posisi ini dapat memperburuk masalah sirkulasi.
  • Naikkan tungkai sesering mungkin. Ketika duduk, istirahatkan kaki pada kursi lain atau penyangga kaki. Ketika berbaring, naikkan tungkai ke atas bantal.
  • Olah raga secara teratur untuk memperbaiki sirkulasi darah.
    varises-bundanet
  • Gunakan stoking khusus mulai dari bangun hingga mau tidur. Stoking ini membantu memperbaiki sirkulasi di tungkai bunda.
  • Gunakan pakaian yang longgar disekitar paha dan pinggang. Kaus kaki dan pakaian yang ketat pada tungkai bawah diperbolehkan, tetapi jangan menggunakan pakaian yang menekan tungkai atas, seperti pakaian dalam dengan lingkaran paha yang ketat. Hal ini dapat menghambat darah yang kembali dari tungkai dan memperparah varises.

Penangan medis untuk varises

Varises secara umum tidak membutuhkan perawatan. Pada kasus berat, varises bisa dihilangkan dengan pembedahan, tetapi prosedur ini biasanya tidak dilakukan saat hamil.

Updated: 08/06/2016